YUK, MENGENAL TINGKATAN STATUS GUNUNGAPI

YUK, MENGENAL TINGKATAN STATUS GUNUNGAPI

sekolahrelawan.com, edukasi (28/2)- Sebagai warga yang tinggal di negara cincin api Pasifik, kita perlu lebih dalam mengenal dan mengetahui tanda-tanda serta potensi apa saja yang dapat terjadi di sekitar kita. Salah satu ancaman terbesar yaitu gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik. Nah supaya kita lebih paham dan dapat mengenal karakteristik gunungapi disekitar kita, yuk simak deh!

Nah sob, Gunungapi adalah sebuah gunung yang terdapat rekahan dalam kerak bumi tempat keluarnya cairan magma atau gas atau cairan lainnya ke permukaan bumi. Terus, tingkatan apa aja sih yang ada pada masa-masa aktif gunung berapi?

1. NORMAL (Level I)
Dalam masa ini kita masih aman berkegiatan di sekitar gunung api. Karena berdasarkan pengamatan dari hasil visual, kegempaan dan gejala vulkanik lainnya tidak memperlihatkan adanya kelainan.

2. WASPADA (Level II)
Wah, hati-hati ya sob! dalam fase ini mulai terjadi peningkatan kegiatan berupa kelainan yang tampak secara visual atau hasil pemeriksaan kawah, kegempaan dan gejala vulkanik lainnya.

3. SIAGA (level III)
Nah, kondisinya udah mulai gawat nih sob! hasil pengamatan visual/pemeriksaan kawah, kegempaan dan metoda lain. Berdasarkan analisis, perubahan kegiatan cenderung diikuti letusan kawah.

4. AWAS (level IV)

Duh udah harus pindah ke tempat pengungsian nih yang lebih aman, ayoo segera yaa sob kalo udah sampai status awas. Karena menjelang letusan utama, diikuti letusan awal berupa abu atau wedus gembel. Berdasarkan analisis data pengamatan, segera akan diikuti letusan utama yang skalanya lebih besar. Hatiii-hatii sob!

Kalau sudah tahu gini kita bisa jadi lebih aware kan terhadap potensi letusan gunungapi di sekitar kita, yuk share ke temen kamu informasi ini biar kita semua menjadi masyarakat tanggap bencana.


Oleh: Izhar Alkhalifard
Sumber: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral