Kenali 3 Siklus Bencana Sebelum Terjadi Bencana

Yuk Kenalan Dengan 3 Siklus Bencana yang Gak Semua Orang Tahu

sekolahrelawan.com- Serigkali kita mengetahui kehadiran sebuah bencana justru setelah bencana itu terjadi, padahal jauh sebelum itu, Alam telah memberi isyarat kepada kita dan seharusnya kita bisa menanggulanginya dengan baik jika kita tahu "Siklus" terjadinya bencana.

Seperti cinta, bencana juga memiliki siklusnya sendiri. Mulai dari pencegahan, penanganan sampai pengobatan jadi hal serius yang perlu kita kenal lebih dalam.

1. Pra Bencana

Pra bencana adalah fase dimana bencana belum terjadi dan manusia berperan penting untuk pencegahan, mitigasi dalam mewujudkan upaya kesiapsiagaan dini. Hal ini seharusnya yang mendorong manusia untuk saling mengedukasi dan bersinergi untuk mencapai upaya kesiapsiagaan yang maksimal.

  • Pencegahan: upaya untuk menghilangkan atau mengurangi kemungkinan timbulnya suatu ancaman.
    Misalnya : Penanaman pohon untuk menghindari banjir, tidak membangun rumah di wilayah rawan longsor, tidak membuang sampah sembarangan. Namun beberapa bencana tidak sepenuhnya bisa dicegah oleh tindak pencegahan.

  • Mitigasi: upaya yang dilakukan untuk meminimalisir dampak buruk dari suatu ancaman.
    Misalnya : membuat jalur evakuasi, menghindari benda-benda yang mengancam keselamatan saat bencana terjadi.

  • Kesiap-siagaan: adalah fase persiapan rencana untuk bertindak ketika terjadi (atau kemungkinan akan terjadi) bencana. Perencanaan ini dapat mengurangi dampak buruk dari suatu ancaman. 

2. Tanggap Darurat

Tanggap Darurat, fase ini diisi dengan kegiatan-kegiatan tanggap darurat yang membantu meringankan penderitaan sementara saat setelah terjadinya bencana. Misalnya: search and rescue (SAR), Assesment, Pembuatan Posko, Pengungsian Darurat.

3. Pasca Bencana

Pasca bencana adalah fase yang membutuhkan waktu paling lama dan upaya paling besar, karena fase ini mencakup proses pemenuhan kebutuhan pokok atau recovery, lalu dilanjut dengan pemulihan yang bersifat sementara dan dituntaskan dengan pemulihan yang sifatnya permanen 

Nah sekarang udah taukan apa itu siklus bencana dan apa saja yang harus kita lakukan saat fase-fase ini terjadi. Semoga kita sebuah jauh lebih peduli dengan adanya siklus ini, terlebih pada siklus Pra Bencana karena pada proses inilah kita sebagai manusia berperan penting untuk menjaga dan melindungi bumi kita agar meminimalisir bencana dan dampak yang terjadi.