• Kontak Kami: (021) 77805706
Jadi Relawan Juga Boleh Ikut Demonstrasi!

Yuk Ikut Demo Ala Relawan

Kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum telah dijamin dan diatur dalam undang-undang. Sedangkan bentuk pelaksanaan dari penyampaian pendapat di muka umum ini dapat berupa unjuk rasa (demo), pawai, rapat umum atau mimbar bebas. Pada umumnya, demonstrasi terjadi karena ada protes terhadap kebijakan pemerintah ataupun dorongan kepada pemerintah untuk melakukan sesuatu atas permasalahan yang terjadi. Menurut KBBI, ada dua arti demonstrasi : (1) pernyataan protes yang dikemukakan secara massal; unjuk rasa; (2) peragaan atau pertunjukan tentang cara melakukan atau mengerjakan sesuatu.

Beberapa waktu lalu, demonstrasi kembali menjadi pilihan atas protes terhadap kebijakan baru pemerintah terkait UU Cipta Kerja atau bisa disebut Omnibus Law. Banyak masyarakat dari berbagai daerah ikut meramaikan aksi demo tersebut. Bahkan pelajar atau mahasiswa yang belum mengetahui secara benar arti isi yang terkandung dalam UU tersebut juga turut unjuk rasa. Fakta itu memang tidak bisa menjadi tolak ukur mengenai efektif atau tidaknya aksi demo di zaman ini, namun dalam kacamata relawan, demonstrasi juga bisa dilakukan oleh individu atau kelompok yang menjadi bagian dari aksi kemanusiaan dengan menjadi relawan.

Relawan identik dengan bantuan ketika bencana saja. Padahal seperti yang dikutip dari okezone.com, definisi volunteer atau relawan secara sederhana adalah seseorang yang tanpa dibayar dengan sukarela menyediakan waktu dan kemampuannya untuk tujuan tertentu, misalnya di bidang kemanusiaan, lingkungan, pendidikan, dan sosial.

Demonstrasi ala relawan adalah demonstrasi yang dilakukan dengan cara terjun langsung secara bersama-sama ke tempat kejadian baik bencana alam untuk membantu warga yang terdampak, berpartispasi dalam pelatihan edukasi sebagai relawan ataupun aksi kemanusiaan lainnya.

Dengan menjadi relawan, artinya individu atau kelompok juga turut menjadi bagian pemberi suara atas nama rakyat Indonesia yang membutuhkan bantuan. Demonstrasi ala relawan adalah demonstrasi yang dilakukan atas nama kemanusiaan. Bahkan dalam aksi demo turun ke jalan, relawan juga bisa menjadi bagian, salah satunya dengan menyediakan fasilitas kesehatan bagi para pendemo yang terluka di tempat kejadian. Seperti yang dilakukan Sekolah Relawan, setiap kali ada demo yang menolak kebijakan pemerintah, seperti demo Omnibus Law, tim Sekolah Relawan secara cepat merespon kejadian dengan menyiapkan armada ambulan yang dilengkapi fasilitas medis lainnya. Begitu pula dengan bencana alam seperti gempa Lombok ataupun tsunami Palu yang terjadi 2 tahun lalu, tim Sekolah Relawan langsung menuju lokasi meski jarak jauh yang harus ditempuh. Oleh karena itu, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi bagian dari pergerakkan di Indonesia, salah satunya dengan menjadi relawan.