Tumbuh Kembang Anak di Era Digital, 4 Ancaman Ini Harus Diwaspadai!

Tumbuh Kembang Anak di Era Digital, 4 Ancaman Ini Harus Diwaspadai!

sekolahrelawan.com, Edukasi (31/10)- Kawan baik berasa gak sih kalau zaman telah berubah sedemikian rupa? Zaman kita dulu saat anak-anak mungkin menjadi asik karena adanya permainan tradisional yang kental dengan kearifan lokal. Namun sayangnya segala keseruan pada zaman itu sudah hampir hilang dilahap Era Digital yang sekarang jadi bagian dari tumbuh kembang anak kita.

Berbicara soal anak, tentu sekarang giliran kita yang mendidik mereka. Menentukan formula, pendekatan dan menjadi sosok yang selalu mereka rasakan dalam lubuk hatinya. Nah! sebagai orang tua, kita juga relawan tau! sekaligus pahlawan buat keluarga kita. Khususnya dalam tugas mendampingi tumbuh kembang anak di Era Digital, jangan sampai anak-anak kebablasan mengadopsi teknologi yang berakibat fatal bagi perkembangan anak. Orang tua diharapkan mampu melindungi anak-anak dari ancaman era digital namun tak menghalangi potensi manfaat yang ditawarkan.

Simak yuk ancaman apa aja yang harus diwaspadai ayah bunda dalam membersamai tumbuh kembang anak di era digital ini.

1. Kesulitan Konsentrasi

Mudahnya anak mengakses gawai membuat mereka menemukan dunia baru dalam genggaman. Dalam masa tumbuh kembang mereka, rasa penasaran dan pengolahan hasil visual dicerna oleh otak sebagai suatu hal baru yang menarik, dan tentu berujung candu. Rasa candu penggunaan media digital memiliki efek pada keterampilan mengubah perhatian anak. Hal tersebut dapat meningkatkan perilaku terlalu aktif dan kesulitan untuk berkonsentrasi. 


2. Menghambat Perkembangan Fisik

Terus menerus menggunakan media digital tentu berdampak buruk bagi kehidupan anak kita. Kalau sudah kecanduan, pasti deh anak-anak jadi nggak mau melakukan aktivitas fisik di alam bebas. Padahal hal tersebut diperlukan tubuh anak untuk tumbuh kembang yang optimal.

3. Jiwa Sosial Anak Bisa Terbunuh

Kalau anak kita sudah nggak mau berbaur dengan lingkungan luar, tentu pembentukan jiwa sosialnya menjadi terhambat, bahkan kalau tidak segera dirangkul, jiwa sosial mereka bisa terbunuh dan menjadi pribadi yang lebih mementingkan diri sendiri. Selain itu, anak juga akan kesulitan mengenali berbagai nuansa perasaan.

4. Melawan Kepada Orang Tua

Puncaknya, ketika kita kehilangan kesempatan untuk mengontrol anak dalam penggunaan gadget atau gawai digital lainnya, hal ini bisa berdampak buruk bagi hubungan antara anak dan orang tuanya. Jiwa dan tubuh yang masih rentan, membuat anak sulit mengontrol dirinya sendiri, ketika ia merasa dunianya terusik, justru sewaktu-waktu ia bisa saja marah dan meledak terhadap kita sebagai orang tuanya. Tentu hal ini tidak diingkan bagi semua orang tua pastinya.

Nah itu dia empat ancaman yang bisa merenggut masa tumbuh kembang anak kita dalam era digital ini, kalau ayah bunda sampai salah langkah dalam membersamai mereka, kasian banget anak-anak kita yang kehilangan sebagian besar masa kecilnya karena gadget.

Tapi ayah bunda gak perlu khawatir, Sekolah Relawan melalui event Seminar Parenting akan memberikan ruang bagi para orang tua untuk belajar bersama dalam mengawal tumbuh kembang anak kita. Karena, tema yang diangkat adalah Mendidik Anak di Era Digital, yang akan disampaikan oleh Ibu Elly Risman, Psi. Kebayang dong kalo udah Bu Elly Risman yang menyampaikan materi kerennya kaya apa, kalau ayah bunda merasa tumbuh kembang anak itu penting, yuk buruan daftar disini supaya kita bisa belajar bareng sama pakarnya langsung!