• Kontak Kami: (021) 77805706
Temukan Ikigai Versi Terbaikmu!

Temukan Ikigai Versi Terbaikmu!

Orang Jepang menemukan sebuah konsep kehidupan yang mereka yakini sebagai IKIGAI. Meski tidak ada yang tahu siapa dan di mana istilah ini pertama kali ditemukan, namun hal ini sudah mengakar di dalam diri orang Jepang. Jika diterjemahkan, Ikigai artinya alasan seseorang untuk ada dan untuk hidup. Ikigai dianggap sebagai rahasia hidup panjang umur namun masih tetap memiliki semangat hidup bahkan ketika di usia seratus tahun. Ikigai ini diibaratkan sebagai hal yang membuat seseorang semangat bangun pagi hari karena dia tahu alasan dia harus bangun dan apa yang harus dilakukan hari itu.

Hector Garcia, Co-Author Ikigai: Rahasia Jepang untuk Hidup yang Panjang dan Bahagia, menggambarkan ikigai sebagai “persimpangan dari apa yang kamu kuasai dan apa yang kamu sukai”.

Lantas, sudahkah kamu menemukan tujuan dan esensi hidupmu? Apakah hal yang sedang kamu kerjakan saat ini adalah sesuatu yang kamu sukai? Atau justru rutinitas yang kamu lakukan saat ini membuatmu semakin hampa dan tidak menemukan yang kamu cari?

Saat itulah kamu harus mulai menyadari bahwa kamu harus menemukan Ikigaimu sendiri. Mencari Ikigai bukanlah perkara mudah dan membutuhkan proses yang panjang. Namun, ada 4 unsur yang terdapat dalam Ikigai yang bisa menjadi acuanmu:

1.  Passion

Temukan hal apa yang kamu sukai. Apakah hal yang kamu lakukan membuatmu senang dan nyaman? Mencari jawaban ini memang membutuhkan pengalaman, cobalah membuka diri melakukan hal yang tidak biasa kamu lakukan. Kamu tidak bisa hanya melakukan apa yang disukai, namun lakukan apa yang kamu tidak sukai juga. Dengan begitu, kamu akan mengetahui apakah hal tersebut membuatmu nyaman atau tidak. Ketika kamu telah menemukan satu hal yang kamu sukai, maka fokuslah untuk mengembangkan bakatmu. Passion bisa menjadi pedoman menentukan langkah awal untuk masa depan.

2.  Mission

Ketika kamu merasa telah menemukan passion. Saatnya mewarnai passionmu dengan mission. Seseorang berusaha mencari passion namun ketika sudah menemukannya, hal yang seterusnya patut dipertanyakan adalah "apa yang bisa saya lakukan dengan passion ini"? "Apakah passion ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat luas"? Dengan mempertanyakan hal itu, kamu akan berusaha mencari mission apa yang pantas untuk didedikasikan dengan passionmu.

3.  Vocation

Vocation adalah hal yang realistis. Ketika kita memiliki passion dan menjalankan mission di dalamnya, hal selanjutnya adalah berpikirlah realistis. Temukan di mana passion dan missionmu itu bisa memberi pekerjaan yang kamu dibayar atas pekerjaan itu. Bukankah kamu juga harus bertahan hidup?

4.  Profession

Ketika sudah memiliki 3 unsur di atas, maka itu artinya kamu telah menemukan keahlianmu. Keahlian yang dibutuhkan masyatakat luas. Keahlihan yang kamu sukai, kamu sangat mahir di bidang tersebut dan kamu dibayar untuk itu. Ketika sudah menemukan empat unsur ini, maka lanjutkan hidupmu ke depan dengan baik.

Jadi, bagaimana cara menemukan ikigai ini?

Luaskan jaringan dan cobalah sebanyak mungkin hal baru.  Bahkan mencoba hal yang di luar zona nyaman itu bisa mendewasakan. Hal itu akan membuat kita berkembang dan menjadi lebih kuat. Mandiri lah memutuskan segala hal penting dalam hidupmu. Jangan biarkan orang lain memengaruhimu dan tetaplah berpikir positif kepada diri sendiri. Jadikan kata-kata baik seperti “aku berharga” “aku pasti bisa” “aku dicintai” “aku layak mendapatkan yang terbaik” sebagai mantra kehidupan agar kamu tidak mudah menyerah ketika sesuatu tidak berjalan semestinya. Hal terpenting yang harus kamu sadari adalah setiap orang memiliki waktunya sendiri. Prosesmu dan proses orang lain akan berbeda. Maka ketika kamu belum menemukan ikigaimu, sedangkan kamu melihat orang lain telah sampai tahap itu, tetaplah fokus bekerja keras mencapai ikigai versi terbaik dirimu.