Serunya Belajar Mengelola Relawan Sambil Baca Koran

Serunya Belajar Mengelola Relawan Sambil Baca Koran

sekolahrelawan.com- Yaaaaaay! Kemarin, Minggu 23 Juni 2019 sekumpulan relawan dari berbagai daerah datang ke Bogor untuk berdiskusi dan melatih diri mereka dalam mengembangkan sikap dan kemampuan pengelolaan relawan loh kawan baik, eh emangnya ada acara apa sih mereka kumpul-kumpul?

Nah, Sekolah Relawan itu punya fokus program edukasi yang salah satunya adalah Volunteer Management Training (VMT) ini. Dalam program VMT, kita dibekali edukasi dan kemampuan untuk menganalisis kebutuhan organisasi, sumberdaya manusia dan mengelola organisasi atau lembaga lhoo.

Pelatihan ini diikuti oleh berbagai NGO Kemanusiaan maupun komunitas dari berbagai daerah. Mulai dari Depok, Sukabumi, Bandung, Tulungagung, Surabaya Tangerang hingga Yogyakarta.⁣ Kenapa mereka rela jauh-jauh datang ke Bogor buat ikut VMT sih?

Karena acara ini seruuu abis! walaupun konsepnya training, tapi dijamin seru dan gak bikin tegang deh! karena menggunakan metode partisipatory dengan medium yang bikin wajah ini capek ketawa ketiwi.

Kebayang gak sih, kita lagi training serius-serius eh malah disuruh baca koran dulu? hahaha

tapi ini bukan sembarang baca koran, hal ini merupakan salah satu metode dalam upaya pemetaan masalah.

Kegiatan hari pertama dimulai dari pemetaan masalah, relawan dan pembangunan, memahami komunitas, peran dan kontribusi relawan, studi kasus, hingga mengetahui kapasitas organisasi melalui analisis SWOT.⁣

Hari selanjutnya tidak kalah menarik, dibuka dengan sebuah diskusi pemantik mengenai analisis kebutuhan relawan dalam lembaga atau komunitas, dilanjut dengan penyampaian materi mengenai perjalanan relawan, pengembangan program dan kegiatan, analisa stakeholder dan yang paling penting adalah penilaian terhadap relawan.

Materi-materi dibawakan dengan permainan dan diseling dengan lelucon, wah asyikk deh pokoknya!

Dengan begitu, wujud dari pelatihan VMT ini diharapkan agar para pemimpin dan pegiat kemanusian mampu mengelola dan mengembangkan potensi relawan mereka sehingga berdampak baik untuk lembaga atau organisasi serta masalah yang telah dipetakan dari setiap lembaga dapat terpecahkan setelah mengikuti training ini.