Serambi Mekah di Landa Puting Beliung dan Hujan Es

Serambi Mekah di Landa Puting Beliung dan Hujan Es

SRNews, BANDA ACEH (27/3)- Kristal es bersamaan dengan angin kencang menerpa rumah warga di Banda Aceh. Puluhan atap rumah milik warga Desa Ujung Gele dan Pepalang di kecamatan Pengasing, Aceh Tengah dihujani es.

Delapan rumah warga rusak akibat angin puting beliung yang bersamaan dengan hujan es, angin kencang juga membuat pohon tumbang yang menimpa rumah warga, ujar Teuku Ahmad Dadek.

Enam rumah yang terdampak berada di Desa Pepalang dan dua lainnya milik warga Ujung Gele.

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa ataupun pengungsi hingga malam tadi" ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Teuku Ahmad Dadek di Banda Aceh.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh, hujan es disertai angin puting beliung merupakan hal biasa karena salah satu fenomena hidrometeorologi. 

"Itu, fenomena hidrometeorologi biasa. Bukan hal yang aneh, apalagi disangkut-pautkan dengan mistis.Terjadinya hujan es, tidak terlepas dari awan Cumulonimbus," kata Kepada Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Aceh, Zakaria Ahmad.

Ia mengatakan, hujan es ini terjadi karena beberapa kondisi alamiah. Ketika uap air turun menjadi hujan ketika masih berada di lapisan atmosfer. Syarat utama, yakni hujan tumbuh di dalam awan Comulonimbus, lalu memiliki dasar awan sangat rendah, dan terakhir bila di bawah permukaan awan, maka memiliki suhu sangat dingin.


Oleh: Izhar