• Kontak Kami: (021) 77805706
Selain Menggunakan Makser, Ini Tips Melindungi Diri saat Keluar Rumah Selama Pandemi

Selain Menggunakan Makser, Ini Tips Melindungi Diri saat Keluar Rumah Selama Pandemi

Selama pandemi, penggunaan masker menjadi hal yang wajib dilakukan saat akan keluar rumah. Masker wajah dapat menjadi pelindung diri utama untuk mengurangi risiko terpapar droplet ketika berinteraksi dengan orang lain.

Namun melonjaknya jumlah yang terpapar covid-19 harus membuat kita semakin waspada. Bahkan sudah mulai banyak penyebaran informasi bahwa penggunaan masker saja dirasa kurang efektif.

Teman relawan, ini lah beberapa hal yang harus kalian bawa untuk melindungi diri saat keluar rumah :

1. Wajib bawa masker cadangan, apabila kamu berpotensi akan melakukan interaksi dengan orang-orang, sebaiknya tetap menggunakan  masker wajah seperti masker bedah atau masker kain. Namun, perlu diketahui bahwa masker tidak bisa digunakan terus menerus, semakin lama digunakan, maka efektivitasnya semakin menurun. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kita mengganti masker setiap 3-4 jam dalam sehari, bila melebihi waktu itu, akan berpotensi menimbulkan virus dan bakteri yang terperangkap semakin banyak di masker. Uap yang keluar dari rongga pernapasan juga akan tertampung di masker hingga menyebabkan gangguan kesehatan. Selain itu, jangan lupa untuk langsung membuat masker sekali pakai bila sudah tidak digunakan. Tidak ada salahnya kan untuk membawa masker cadangan dan simpan di dalam pouch atau tas ya!

2. Lengkapi masker dengan Face Shield, menggunakan face shield, penggunaan face shield dapat mengurangi risiko penularan bagi pemakainya dari paparan jarak dekat terhadap virus yang disalurkan orang lain melalui batuk atau bersin. Meski belum ada penelitian langsung yang berkaitan dengan covid-19, studi sebelumnya yang dilakukan Lowa University, menunjukkan bahwa face shield dapat mengurangi virus yang bisa diinhalasi sebesaf 92%. Jika kamu ingin tetap terlihat kece, kamu juga bisa menggantinya dengan menggunakan kacamata. Dengan menggunakan face shield atau kacamata, bagian mata dapat lebih terlindungi daripada hanya memakai masker. Namun perlu ditekankan bahwa masker tetaplah menjadi barang utama yang harus digunakan.

3. Memakai Jaket setiap keluar rumah

Selain menghindari diri dari percikan (droplet) yang mengandung virus, mengenakan Jaket sebagai lapisan baju penting untuk melindungi diri dari sentuhan yang tidak steril. Ketika kamu hendak melakukan aktivitas di luar rumah dan harus naik kendaraan umum, jaket dapat membuatmu merasa aman jika kamu tersentuh orang lain karena kamu bajumu berlapis jaket.

4. Bawalah Tisu dan Hand Sanitizer

Ada banyak masker wajah yang kini menyediakan kantong untuk tisu. Tisu dapat kamu jadikan lapisan masker kainmu agar lebih tebal. Selain untuk lapisan masker, tisu juga bisa kamu gunakan ketika hendak menyentuh sesuatu di muka umum, seperti pintu angkot ataupun kereta. Hal tersebut dapat mengurangi risiko penularan melalui barang, apalagi jika itu barang yang jelas kamu tahu telah disentuh banyak orang.

Apabila kamu lupa membawa tisu, maka wajib bagimu untuk selalu membawa hand sanitizer. Gunakanlah hand sanitizer setiap habis menyentuh barang apapun yang rawan sebagai jalur penularan covid-19.