• Kontak Kami: (021) 77805706

Sekolah Relawan Bersama Pemkot Depok Sosialisasi Kampung Siaga Covid-19 Untuk 11 Kecamatan di Kota Depok

sekolahrelawan.com (27/3/2020) Perkembangan virus Covid-19 di Indonesia saat ini sudah seharusnya ditanggapi dengan serius, berbagai kebijakan telah ditetapkan pemerintah, namun masih banyak masyarakat yang  memahami sepenuhnya atas ancaman apa yang sebenarnya mereka hadapi.

Sekolah Relawan menginisiasi program Kampung Siaga Covid-19 sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat untuk memerangi wabah Covid-19 berbasis komunitas, sesuai instruksi Kepala Badan Penanggulangan Bencana, Dony Orlando pasca menetapkan wabah Covid-19 sebagai bencana nasional.

Melihat perjuangan ini, Pemerintah Kota Depok, mengungkapkan dukungannya dengan menjalin kolaborasi bersama Sekolah Relawan untuk mensosialisasikan penerapan di 11 kecamatan di Kota Depok pada Jum'at (27/3/2020) secara sentral di Aula Balaikota Depok. Membahas tentang mekanisme program-program turunan yaitu lumbung pangan warga, pembentukan SATGAS-19, sterilisasi mandiri, membuat hygine kit secara mandiri, mengaktifkan careline darurat yang bertujuan untuk mengajak masyarakat lebih peduli dan siaga terhadap Covid-19 setidaknya dari lingkungan masyarakat terlebih dahulu.

11 Kecamatan itu ialah : Kecamatan Beji, Sawangan, Cimanggis, Bojongsari, Cilodong, Cinere, Limo, Pancoran Mas, Sukmajaya dan Tapos. Pada sosialisasi kali ini juga membahas tentang pematangan konsep dan teknis yang akan dilakukan oleh masyarakat, diharapkan Kampung Siaga Covid-19 dapat dilakukan secara cepat.

Dukungan dan harapan pun turut disampaikan oleh Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana yang mendukung kolaborasi antara Sekolah Relawan dengan Gugusan Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 kota depok, dan diharapkan melalui Kampung Siaga Covid-19 di tingkat RW ini bisa menjadi area penghambat penyebaran Virus Covid-19 melalui program dan kepedulian pada warga tanpa mengucilkan warga yang menjadi ODP ataupun PDP yang kemungkinan akan ada.

Melalui Kampung Siaga Covid-19 ini Pemkot Depok mengarapkan dapat membantu membersamai warga dan menurunkan jumlah kasus Covid-19 di Kota Depok nantinya.