• Kontak Kami: (021) 77805706

Peristiwa Luar Biasa dan Bersejarah yang Pernah Terjadi di Bulan Ramadhan

sekolahrelawan.com (14/5/2020) Bulan ramadhan menjadi waktu yang amat istimewa, banyak peristiwa bersejarah yang turut terjadi di bulan yang suci ini, terdapat rahmat dari Allah Subhanahu wa ta'ala di setiap kejadian terebut. Kali ini yuk kita bahas peristiwa bersejarah yang terjadi di bulan ramadhan.

Turunnya Al-Qur'an dan Malam Lailatul Qadar

Al-qur'an adalah pedoman kita sebagai umat muslim, segala firman-firman dari Allah Subhanahu wa ta'ala ada di dalamnya, diturunkan pada bulan Ramadhan, dalam surah al-Baqarah ayat 185 dijelaskan bahwa al-qur'an diturunkan dibulan Ramadhan hingga mendapatkan sebutan syahrul Qur'an. Begitu pula dengan malam lailatul qadar yang merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan yang hanya ada di bulan ramadhan.

Terjadinya Perang Badar 

Perang Badar merupakan sebuah peristiwa yang amat luar biasa dan bersejarah untuk kita, perang yang terjadi di masa kepemimpinan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, yang menandai awal kejayaan kaum muslimin. Terjadi pada tanggal 17 Ramadhan atau bertepatan dengan tahun kedua Hijriah, kekuasaan Allah SWT sangatlah tampak kala perang ini terjadi sebab saat itu pasukan kaum Muslimin yang hanya berjumlah 313 orang dan harus melawan 950 pasukan musuh, namun kaum muslimin tak gentar hingga Nabi Muhammad SAW dapat kembali ke Madinah dengan kemenangan.

Penaklukan Kota Mekkah

Peristiwa penaklukan Kota Mekkah atau Fathu Makkah, terjadi pada tanggal 20 Ramadhan di tahun delapan Hijriyah, dimana Nabi Muhammad SAW berhasil membebaskan Kota Mekkah dalam suatu perang yang terjadi karena ingkarnya kaum Quraisy terhadap satu perjanjian dari beberapa perjanjian yang bernama Hudaibiyyah.

Kala itu orang-orang Quraisy dengan kabilah lainnya bekerja sama untuk memerangi orang-orang yang berada di pihak Nabi Muhammad SAW, hingga akhirnya rasul menugaskan Khalid bin Walid menjadi panglima perang dengan 10.000 pasukan muslim, namun rasul memerintahkan agar tidak menyerang sebelum diserang, perang ini pun dilakukan dalam keadaan berpuasa.

Hingga akhirnya kaum muslimin mendapatkan kemenangan, menaklukan pasukan tentara Quraisy hingga mereka menyerah, semua berhala dihancurkan namun Nabi Muhammad tetap memaafkan dan membebaskan orang-orang Quraisy yang menyerah tersebut.

Kemerdekaan Indonesia

Indonesia pun berhasil merdeka setelah kita berhasil melawan penjajahan, hingga akhirnya Indonesia dinyatakan merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 yang bertepatan pada tanggal 9 Ramadhan 1334 Hijriyah. Ini membuktikan bahwa Allah Subhanahu wa ta'ala telah memberikan rahmat dan karunianya kepada kita untuk merdeka dan bebas dari ketidak adilan di bulan suci ini, menjawab doa-doa rakyat Indonesia yang kala itu mendapatkan tekanan yang tidak manusiawi dari para penjajah.

Betapa indahnya dan istimewanya bulan ramadhan, untuk itu mengisinya dengan amalan kebaikan adalah yang paling utama untuk kita lakukan.

oleh:Novi