• Kontak Kami: (021) 77805706

Pemerintah Indonesia Lakukan Rapid Test Sebagai Upaya Hadapi Corona

sekolahrelawan.com (23/3/2020)- Mengatasi penyebaran virus corona Covid-19, Pemerintah Indonesia lakukan rapid test sejak Jum'at (20/3/20) dan efektif secara massal mulai minggu ini.


Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan bahwa " Menggunakan pemeriksaan imunoglobin sebagai upaya tes screening awal dan bisa dilaksanakan secara massal adalah sebuah keputusan yang baik "  saat Konferensi Pers di Gedung BNPB pada Kamis (19/3/2020).

 ia juga mengatakan bahwa metode pemeriksaan untuk coronavirus ada beberapa macam namun dilihat dari sensitifitasnya maka pemeriksaan dengan metode molekuler yaitu dengan Poly Chain Reaction yang dinilai paling sensitif untuk mendeteksi virus ini.

Rapid test yang diterapkan di Indonesia menggunakan Q-tip yaitu semacam stik panjang, untuk mengambil sample di bagian belakang mulut dan tenggorakan dari orang yang akan dites, kemudian sample tersebut akan ditempatkan ke dalam tabung reaksi dan akan digunakan untuk pengujian dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

Dikutip dari Live Science, tes PCR akan mendeteksi bahan genetik spesifik yang ada dalam virus.

Tes ini hanya dilakukan dalam beberapa menit, setelah pemeriksaan selesai maka setiap orang akan diizinkan pulang, dan untuk seseorang yang mendapatkan hasil positif dalam pemeriksaan, maka orang tersebut akan dihubungi secara lansung melalui telepon, dan mendapatkan pesan (SMS) jika hasilnya negatif.

Mari kita lakukan segala himbauan dari pemerintah dalam melakukan pencegahan, termasuk dengan mengikuti rapid test Corona seperti ini untuk memutus penyebaran virus Corona di Indonesia secepatnya.

oleh:Novi
editor:Izhar