Orientasi Relawan, Memupuk Benih Kerelawanan di Penjuru Negeri

Orientasi Relawan, Memupuk Benih Kerelawanan di Penjuru Negeri

sekolahrelawan.com- Di pagi hari yang dingin, menyusul nyaringnya kokok ayam. Sekolah Relawan bersiap untuk mengadakan kegiatan Orientasi Relawan di Aula Mueseum Palagan Bojong, Kokosan Parungkuda, Kab.Sukabumi.

Bekerja sama dengan Ruang Peduli, kegiatan orientasi relawan ini terlaksana dengan baik. Relawan yang dateng mukanya gemes-gemes, raut wajah mereka menggambarkan senyum semangat dan rasa haus akan ilmu kerelawanan.

Tahun ini, Sukabumi menjadi salah satu tempat yang dikunjungi oleh tim Volunteer Comunity Network Sekolah Relawan karena tidak hanya moci saja yang menarik dari Sukabumi, namun potensi generasi muda akan hal kemanusiaan sangat besar disini. Antusias mereka terukir dari semangat dan tekad besar untuk mewujudkan perubahan baik disana.

Euforia orientasi kali ini dihadiri oleh 34 Peserta dari relawan dan komunitas yang aktif di wilayah Sukabumi. Kami pun banyak belajar dari beberapa komunitas yang sudah bergerak dan melakukan aksi kerelawanan. Wah luar biasa hebaaat banget pemudanya.

Seneng banget rasanya ngeliat generasi muda masih mau meluangkan waktunya untuk hal-hal kerelawanan.


Nah, selama kegiatan berlangsung mereka tidak hanya menerima materi seputar kerelawanan aja loh. Mereka juga belajar memecahkan masalah dengan merangkai kasus-kasus yang mereka rasa sebagai sebuah keresahan di lingkungannya.

Salah satu masalah yang paling disoroti adalah tingginya tingkat anak putus sekolah dan ternyata, di Sukabumi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) masih menjadi permasalahan sosial karena minimnya tindak rehabilitas.

Kami berharap dengan adanya program seperti ini, akan ada sinergitas yang terbentuk di daerah-daerah lainnya, sehingga kebaikan dalam misi kemanusiaan akan terus menghidupi.

Karena relawan bekerja dengan hati, maka kami tak akan berhenti bersinergi kepada generasi-generasi solusi sampai ke pelosok Negeri, karena itulah arti mengabdi.