Lantunan Suci di Kaki Rinjani

Musholla Bambu: Lantunan Suci di Kaki Rinjani

SRupdate, Pembangunan Musholla Bambu, Lombok (1/3)- Bencana gempa yang meluluhlantahkan Lombok Timur dan Utara pun meninggalkan bekas duka pada sekolah ini. SD Islam Al-amanah adalah salah satu sekolah yang terletak di kaki Rinjani. Tepatnya di kampung Karya, Desa Sajang, kecamatan Sembalun, Lombok Timur, NTB.

Bersyukur, banyak tangan-tangan kebaikan yang mengulurkan bantuan, mulai dari bangunan sekolah sementara, musholla dan aula. Musholla bambu yang dibangun di SDI Al-amanah merupakan uluran donasi dari IMCare yang disalurkan melalui Sekolah Relawan. Musholla ini adalah salah satu dari 14 musholla bambu yang dibangun Sekolah Relawan di Lombok Timur dan Lombok Utara. Dengan berdirinya musholla bambu ini, Kepala Sekolah SDI Al-Amanah telah merencanakan berbagai kegiatan bagi siswa-siswinya. Mulai dari melanjutkan kebiasaan pembacaan juz amma hingga membangun kebiasaan baru bersama siswa, sholat dhuha dan dzuhur berjamaah. Nantinya kegiatan belajar mengajar bidang keagamaan juga akan dilaksanakan di musholla.


Untuk melengkapi fasilitas muhsolla, Toren air 500 liter menjadi kebutuhan kedepan agar bisa menyediakan air untuk berwudhu.Kemarin sehari setelah pemasangan keramik lantai musholla selesai dikerjakan, pagi itu sekitar 50 anak berkumpul dan melantunkan ayat-ayat suci Al-qur’an, subhan'allah pagi menjadi sejuk dan damai di kaki Rinjani. Setelah belajar dan memasuki waktu istirahat, anak-anak serta para guru bersiap untuk sholat berjamaah.

Masyarakat sudah mencanangkan musholla ini sebagai tempat sholat Ied nantinya, tempat berunding berbagai kegiatan keagamaan, hingga tempat ijab qabul pernikahan. Bukan hanya bambunya yang memberikan esensi kebudayaan tapi juga desain indahnya yang menarik perhatian. Seperti inilah makna
kesederhanaan dan berkah di kaki Rinjani.


Oleh: Tika Ariestika
Dokumentasi: Tika Ariestika
Penyunting: Izhar Alkhalifard