Mereka yang Memerdekakan Diri dengan Sekepal Air Bersih

Mereka yang Memerdekakan Diri dengan Sekepal Air Bersih

sekolahrelawan.com- Sekolah Relawan memaknai hari Kemerdekaan dengan membagikan 32.000 Liter air bersih untuk dialiri ke 7 kampung di Desa Babakan Raden, Kec. Cariu Kab. Bogor.

Ditepi perbatasan Kabupaten Bogor, sawah kuning matang membentang luas. Bukan hendak panen, namun hamparan padi gagal panen karena kekeringan menjadi lukisan alam yang paling sedih. 

Sudah tiga bulan kekeringan melanda Kec. Cariu, Kab. Bogor. Tak ada sejuk hujan yang turun sejak lima bulan terakhir, sumber mata air seperti; Kolam, sumur bahkan sungai semakin hari semakin kerontang. Kondisi ini membuat masyarakat Desa Babakan Raden harus hidup dengan air kotor.

Untuk mendapatkan air bersih, masyarakat Kampung Pangkalan harus turun ke kali Cihoe yang berjarak 2km dari pemukiman. Bolak balik mendulang air yang harus mereka pikul untuk sekedar  kebutuhan minum.


Namun, kini air di kali Cihoe juga sudah surut. Tersisa kubangan kecil dengan air yang kotor, bahkan berwarna hijau.

Mereka terpaksa harus menjalani hidup dengan kondisi seperti ini, mandi di kubangan, mencuci di kubangan dengan air yang mereka pakai berulang kali secara bergantian.

Melalui gerakan Sedekah Air Nusantara, Sekolah Relawan bergerak membagikan 32.000 liter air bersih untuk masyarakat di Desa Babakan Raden. Alhamdulillah, masyarakat melepas rasa bahagia mereka dengan ucap syukur. Kucuran air segar nan bersih menjadi rezeki yang mereka nanti-nanti. Setidaknya, untuk beberapa hari kedepan mereka tak perlu mendulang air yang sudah kotor lagi.

Sahut sahut lagu kebangsaan mengaum di sepanjang jalan. Kibar sang saka Merah Putih menghembus angin angin perjuangan. Hari ini kita harus berjuang! Untuk saudara kita, atas nama kemanusiaan.


Tetes air yang menyegarkan kehidupan di atas Tanah Merdeka, masih harus kita perjuangkan! jangan berhenti sampai di desa ini saja, ayo kita bergerak dalam semangat hidup yang merdeka!

Alirkan air, alirkan keberkahan Negeri.