KOPERASI NUNGKU: INISASI NELAYAN MANDIRI LEWAT KOPERASI

KOPERASI NUNGKU: INISASI NELAYAN MENJADI MANDIRI LEWAT KOPERASI

sekolahrelawan.com- Pasca bencana Tsunami yang melanda Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten pada Desember 2018 lalu, Sekolah Relawan tidak hanya mendampingi saja, tetapi juga mengembangkan serta memberdayakan masyarakat melalui program Koperasi Nungku.

Salah satu komunitas masyarakat yang SR dampingi adalah kelompok nelayan rajungan di pesisir Kampung Taman Jaya, Desa Taman Jaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang. 


Sekolah Relawan berkomitmen membersamai kelompok nelayan di Taman Jaya untuk menginisiasi koperasi Nelayan Ujung Kulon atau Koperasi Nungku. Koperasi Nungku bahkan tak hanya beranggotakan nelayan saja, beberapa penjual ikan dan pemuda kampung pun ikut bergabung menginisiasi kelompok ini. Ada sekitar 30 anggota koperasi pada tahap awal rintisan koperasi Nungku.

Semangat ingin meraih kemandirian dan tekad untuk belajar membangun kerjasama adalah alasan para nelayan menginisiasi koperasi ini. Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu tantangan bagi para nelayan adalah kebergantungan pada tengkulak.

Sebagai contoh, bila membeli alat pancing atau jaring di pasar atau tengkulakan, para nelayan harus merogoh kocek yang cukup dalam, tak jarang mereka juga harus berhutang, hal ini berimbas pada proses pemasaran hasil tangkap mereka. 


"Para nelayan ini ingin mandiri. Mereka tidak mau bergantung pada tengkulak. Jadi adanya koperasi ini bisa jadi wadah belajar bagi kami untuk mandiri. Belajar komitmen dan kerjasama" Ungkap Eko bendahara koperasi NUNGKU

Koperasi NUNGKU memang baru saja dirintis, namun kehadirannya diharapkan bisa dinamis mengembangkan potensi kemandiran dan kreatifitas para nelayan di sekitar Kampung Taman Jaya.


Sekolah Relawan percaya bahwa tantangan untuk mengembangkan koperasi rintisan ini tidaklah mudah, butuh komitmen kuat dari para anggota nelayan dan masyarakat lokal. Kemandiran ekonomi lokal yang berdaulat hanya akan terwujud dari ikhtiar dan kekuatan kolektif para nelayan, Koperasi NUNGKU adalah langkah awalnya.

Semoga Sekolah Relawan bisa terus membangun kolaborasi positif dengan para nelayan, masyarakat lokal dan elemen baik lainnya untuk berbagai rintisan langkah yang progressif.


Oleh: Adinda Ahlul