Kenapa Harus Punya Tas Siaga Bencana?

Kenapa Harus Punya Tas Siaga Bencana?

SRUpdate, Edukasi Relawan (1/19)- Deretan bencana alam yang melanda negeri kita pada tahun 2018 hingga awal tahun 2019 ini tentunya semakin membuka mata dan menumbuhkan kesadaran kita bahwa harus semakin siap dan siaga menghadapi segala kemungkinan. 

Bencana memang nggak bisa dihindari, tapi bisa kita persiapkan dengan upaya mitigasi dan eduaksi Kebencanaan. Kurikulum khusus soal mitigasi Kebencanaan bahkan diusulkan untuk masuk ke dalam materi pendidikan.  Upaya mitigasi sebagai bagian dari edukasi dan penyadaran kolektif emang harus terintegrasi dengan sistem pendidikan dan jadi budaya serta pembiasaan di tengah masyarakat. 

Naaaah, salah satu upaya dari mitigasi Kebencanaan dan membangun kesiapan menghadapi bencana adalah: Tas Siaga Bencana!

Apasih tas siaga bencana?

Sejak dulu negara Jepang sudah menerapkan kebijakan pada masyarakatnya untuk memiliki TSB atau Tas Siaga Bencana! Tas ini berisi survival kit atau segala kebutuhan bertahan hidup dan berbagai dokumen penting. 

Tas Siaga Bencana disimpan di tempat yang mudah dijangkau, sehingga saat terjadi bencana, kita tak lagi kebingungan mempersiapkan perbekalan atau mengamankan dokumen penting. 

Kenapa sihhhhh harus punya Tas Siaga Bencana?

Kita nggak pernah bisa nebak kapan bencana akan datang, makannya Tas Siaga Bencana adalah salah satu upaya untuk siap dan siaga menghadapi bencana. Saat masa darurat pasca bencana,  kebutuhan dasar untuk pribadi minimal telah terpenuhi  hingga bantuan datang. 

Nah, apa sih yang harus ada di dalam Tas Siaga Bencana?



1. Perbekalan 

2. Dokumen penting 

3. Pakaian 

4. Pluit

5. P3K

6. Senter

7. Air minum

8. Perlengkapan mandi

9. Masker 

10. Uang tunai 

11. Radio

12. Ponsel 

Dimana kita bisa dapatkan Tas Siaga Bencana?

Saat ini keberadaan Tas Siaga Bencana belum bisa diperoleh secara mudah di pasaran, masyatakat juga belum sepenuhnya memahami dan mendapatkan informasi soal Tas Siaga Bencana. 

Maka, Sekolah Relawan menghadirkan Tas Siaga Bencana sebagai salah satu upaya edukasi dan mitigasi. Masyarakat semakin sadar bahwa  Tas Siaga Bencana memang penting keberadaannya untuk mempersiapkan diri dan keluarga saat bencana terjadi. 

Sama seperti halnya pelatihan atau simulasi kebencanaan, Tas Siaga Bencana juga merupakan salah satu elemen penting yang harus kita miliki sejak dini. 

Jadi, siapa yang udah nggak sabar masukin Tas Siaga Bencana ke wish list-nya? Tunggu kabar baik dari Sekolah Relawan yaaa!