Kasih Sayang Umam Kepada Ibunda Meski Dalam Disabilitas Mental

Kasih Sayang Umam Kepada Ibunda Meski Dalam Disabilitas Mental

sekolahrelawan.com- Program Belanja Bareng Yatim Dhuafa Sabtu kemarin mempertemukan kami dengan seorang anak hebat yang mempunyai semangat hidup untuk membersamai ibu tercinta.

Umam Ramadhan, seorang anak penyandang Disabilitas Mental yang kini hidup bersama ibunda dan seorang kakak.. Ayah umam meninggal karena sakit saat ia berumur 3 bulan di dalam kandungan.

Umam kini sedang menempuh pendidikan tingkat akhir di SLBN 09 Sunter Agung, kondisi Umam tidak menghalangi ia untuk menggapai mimpi-mimpi indahnya.. sebagai anak yang sering kali dicap berkebutuhan kusus oleh tetangga, orang-orang dan bahkan keluarganya.. tidak membuat Umam sedih dan berkecil hati, meski ia kesulitan untuk berbicara dan mengungkapkan hal itu..

namun wajah polosnya dan senyuman khas yang terlontar dari sudut bibirnya ini memberikan kami jawaban, bahwa ia menerima kondisi seperti itu dan tetap bersyukur meski banyak orang yang belum bisa menerima kondsi umam.



Umam terlihat sangat energik saat BBYD ini berlangsung, kakak pendamping dengan telaten dan penuh kesabaran mendampingi umam serta memberikan Umam saran untuk membelanjakan uang yang dititipkan..

Umam dengan senang hati memilih peralatan untuk sekolahnya, dari warna yang paling cerah sampai bentuk yang unik-unik Umam suka semua. Tapi, anak baik ini tidak menghabiskan seluruh uangnya untuk membeli kebutuhan pribadi saja...

Dalam keasikan Umam memilih peralatan sekolah, ia teringat Ibunya yang berprofesi sebagai pedagang klontong kecil di rumah. Sontak Umam langsung mengisyaratkan kepada kakak pembimbing untuk pindah dan mencari barang-barang baru berupa, kebutuhan pangan dan barang modal jualan ibunya..

MasyaAllah, dengan kondisi Umam yang seperti ini serta pandangan negatif masyarakat terhadap Umam ternyata membuat kita semua terenyuh.. seorang anak disabilitas mental masih sanggup memikirkan kondisi orang tuanya yang dalam keadaan susah.


" Nama saya umam ramadhan umur 12 tahun saya mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada donatur dan pengurus sekolah relawan" dengan tutur yang terbata-bata dan dibantu dengan bahasa isyarat, Umam mengucap syukur dan terima kasih kepada Donatur yang telah membantu Umam

"saya mendoakan semoga pengurus sekolah relawan dan para donatur dalam lindungan Allaw SWT. Saya senang sekali bisa belanja sama sekolah relawan. dilimpahkan rezkinya dan di panjang kan umurnya aamiin-aamiin ya robbal alamin" Ujarnya sambil menatap kaka relawan dengan mata berbinar.