• Kontak Kami: (021) 77805706

Jangan Sembarangan Batuk, Karena Batuk dan Bersin Juga Ada Etikanya Loh

sekolahrelawan.com (3/2/2020) Virus sejatinya memang menular dengan cepat karena perilaku atau pola hidup manusia yang tidak sehat, salah satunya melalui batuk dan bersin. Faktanya, masih banyak orang-orang yang belum menerapkan etika batuk dan bersin dengan baik. Padahal kedua hal ini adalah salah satu faktor utama penyebaran virus dengan cepat ke banyak orang.

Sekolah Relawan akan mengajak kamu, untuk melakukan sikap pencegahan penularan dan terinfeksinya virus, melalui edukasi tentang sikap dan etika yang baik ketika batuk dan bersin, berikut ini adalah informasinya.

Tutupi Hidung dan Mulut dengan Baik

image by Google

Batuk dan bersin merupakan refleks yang spontan, ketika kamu batuk atau bersin  yang harus kamu lakukan ialah menutupi hidung dan mulut mu dengan tisu, memang ada kalanya kamu merasa akan batuk atau bersin di saat kamu tidak memiliki tisu.

Jika hal ini terjadi maka batuklah pada bagian lengan atas, sebab dibandingkan dengan telapak tangan, bagian lengan atas lebih jarang melakukan kontak langsung dengan makanan, alat makan atau pun sentuhan seperti ketika berjabat tangan.

So ini jauh lebih baik untuk meminimalisir penularan ya!

Bersihkan Benda yang Terkontaminasi

image by Google

Tisu yang telah kamu gunakan jangan disimpan lagi ya, walaupun baru di pakai sebentar segeralah membuang tisu tersebut, karena tisu itu sudah tercemar dengan percikan bersin atau batuk, sudah tidak sehat lagi untuk di pakai berulang kali sebab kuman atau bakteri sudah pasti akan menumpuk.

Terus kalau kamu menggunakan masker, sapu tangan, barang-barang reusabel lainnya, jangan lupa untuk selalu dibersihkan ya!

Satu hal yang harus diingat adalah janganlah membuang benda-benda yang telah terkontaminasi di sembarangan tempat yaa, langsung buanglah benda-benda tersebut ke tempat sampah.

Jangan Menyentuh Area Wajah dengan Tangan Kotor

image by Google

Kalau kamu sudah terlanjur menutup hidung dan mulut dengan telapak tangan langsung ketika batuk ataupun bersin, maka janganlah kamu menyentuh area wajah sebab telapak tangan mampu menularkan kuman ke wajah terutama bagian hidung yang merupakan saluran pernapasan dan bagian paling rentan terhadap kuman penyebab virus.

Cuci Tangan dengan Benar

image by Google

Mencuci tangan adalah cara yang harus dilakukan untuk mencegah kita dari berbagai penyakit termasuk dari terinfeksinya virus, kalau biasanya kita mencuci tangan hanya ketika sebelum dan sesudah makan saja, kini kamu juga harus membiasakan diri untuk mencuci tangan setelah batuk atau bersin.

Cucilah tangan mu dengan air mengalir dan juga menggunakan sabun antiseptik, cucilah tangan dengan benar dari mulai bagian telapak tangan hingga sela-sela jari selama 15-20 detik. Jika tidak ada sabun dan air kamu bisa menggunakan Hand sanitizer, supaya telapak tangan mu bebas kuman.

Mari kita gunakan etika yang baik dan benar ketika batuk dan bersin, sebagai upaya kita mencegah dan menularkan virus kepada orang lain, karena sesungguhnya hidup sehat adalah hak kita semua.

oleh:Novi
editor:Izhar