• Kontak Kami: (021) 77805706
Jangan Asal Kasih Bantuan, Inilah 5 Hal yang Dibutuhkan Penyintas Bencana

Jangan Asal Kasih Bantuan, Inilah 5 Hal yang Dibutuhkan Penyintas Bencana

sekolahrelawan.com, (09/01/20)- Bencana memanglah rahasia Tuhan, tidak ada yang bisa menduga kapan dan di mana bencana akan terjadi, namun ketika sebuah bencana terjadi dan menimpa saudara-saudara kita, maka membantu mereka merupakan tanggung jawab kita. 

Terluka, kehilangan harta benda bahkan kehilangan orang yang mereka cintai itulah yang mungkin mereka rasakan, dan untuk membantu mereka tetap bertahan kita harus mengetahui bantuan seperti apa saja yang benar-benar mereka butuhkan, dan inilah beberapa bantuan yang  dibutuhkan  oleh  para penyintas bencana.

1. Pentingnya Bantuan Medis

Bantuan medis merupakan hal yang paling penting, saat terjadinya bencana resiko terluka sangatlah besar, penanganan medis secara cepat sangat dibutuhkan terutama untuk balita dan anak-anak, tim medis dan obat-obatan haruslah tersedia di lokasi bencana, posko ataupun tenda pengungsian, untuk mengurangi  jatuhnya korban jiwa akibat bencana.

2. Tempat Aman untuk Berlindung

Saat terjadi bencana para penyintas harus pergi ke tempat yang lebih aman, mereka harus menjauh dari lokasi bencana dan meninggalkan tempat tinggal mereka, oleh sebab itu bantuan hunian sementara sangat diperlukan mereka seperti tenda pengungsian yang layak huni pasca bencana.

3. Ketersediaan Kebutuhan Primer

Pada saat kondisi darurat, kita tentu lebih memilih menyelamatkan diri ketimbang barang-barang kita. Setelah mereka selamat, mereka hanya punya beberapa barang yang tersisa. Pada saat seperti ini, penyintas perlu untuk memenuhi kebutuhan primer mereka.

Bantuan makanan sangat dibutuhkan oleh para penyintas untuk tetap bertahan, tak sedikit  ibu hamil, balita dan juga anak-anak yang turut menjadi penyintas. Maka bantuan makanan sehat, susu dan makanan bayi juga dapur umum harus tersedia di lokasi bencana ataupun tenda pengungsian, kebutuhan higiens dan perlengkapan tidur juga sangat dibutuhkan.

4. Bantuan Psikologis

Kecemasan dan kepanikan pasti dialami para penyintas baik saat bencana terjadi ataupun setelahnya, kekhawatiran akan terjadinya bencana susulan pastilah mereka rasakan, kondisi ini dapat mengganggu kesehatan mental mereka, hal ini dapat menimbulkan trauma bahkan pada anak-anak paca bencana, oleh sebab itu bantuan seperti  “Psycho Social" harus diberikan pada para penyintas bencana.

5. Informasi yang Tepat

Informasi yang tepat dan akurat sangatlah dibutuhkan, informasi mengenai penanggulangan bencana, ada atau tidaknya bencana susulan yang kemungkinan bisa terjadi update terkini situasi para korban dan informasi terkait masa recovery agar para penyintas dapat mengambil langkah tepat nantinya.

Menjadi korban bencana adalah hal yang menyedihkan, mereka sangatlah membutuhkan bantuan, doa serta dukungan kita, mari bergerak bersama sekolah relawan untuk membantu sudara kita yang membutuhkan agar mereka dapat bangkit dan memulai lembaran baru dihidup mereka .

Oleh   : Novi
Editor : Izhar