Jalan di Bengkulu Terbelah Akibat Banjir, Begini Potret Sekolah Relawan Membawa Misi Kemanusiaan

Jalan di Bengkulu Terbelah Akibat Banjir, Begini Potret Sekolah Relawan Membawa Misi Kemanusiaan

sekolahrelawan.com - Bengkulu masih gelisah dihujani bencana, hujan deras tak kunjung berhenti. Debit air yang tinggi juga turut menggerus permukaan tanah sehingga menyebabkan longsor. Parahnya, akses jalan di beberapa wilayah terbelah akibat terjangan banjir dan timbunan longsor.

Dibalik terputusnya akses ke  masih banyak penyintas yang membutuhkan bantuan logistik, medis dan pertolongan darurat lainnya. Sebagai pelayan kemanusiaan, orang-orang yang ada di seberang sana harus dapat dijamak dan diberikan pertolongan.


Namun, akses menuju lokasi yang sulit, serta kendaraan yang tidak mendukung untuk melewati halang rintang, membuat tim Social Disaster Rescue (SDR) Sekolah Relawan harus merancang strategi evakuasi dan distribusi yang matang.

Berkat pemahaman dan wawasan kerelawanan yang dimiliki setiap anggota tim, alhamdulillah tim SDR dapat menemukan jalan keluar untuk rintangan ini.


Bekal yang diberikan Sekolah Relawan kepada seluruh anggotanya melalui program Disaster Leadership Training menjadi amunisi untuk relawan berperang di medan tempur. Wujud dari program edukasi kerelawanan ini mampu membuat seorang relawan mempunyai sikap kepemimpinan. Tidak hanya bertugas, tetapi setiap insan juga harus mampu mengemban tanggung jawab sebagai pemimpin.

Setelah tim berhasil melewati jalan panjang yang terputus, tim SDR segera melakukan evakuasi penyintas yang masih bertahan guna memastikan mereka semua dalam kondisi aman.


Tidak lupa setelah kondisi warga dipastikan aman, tim bersama pihak yang bertugas dan dibantu warga membagikan bantuan logistik untuk memenuhi kebutuhan pangan di Kec. Pagar Besi, Kab bengkulu Tengah.

Salam kemanusiaan.