• Kontak Kami: (021) 77805706

Indonesia Bersiap Memasuki Era New Normal, Berikut Ini Penjelasannya

sekolahrelawan.com(29/5/2020) Kini Pemerintah Indonesia segera menerapkan kebijakan yaitu era new normal, kebijakan ini merupakan cara yang dimaksudkan agar masyarakat kembali bersiap untuk menjalani kehidupan normal meski di tengah pandemi Covid-19.

Dilansir dari suara.com, new normal adalah sebuah bentuk adaptasi dimana kita tetap beraktivitas dengan mengurangi kontak fisik dan menghindari kerumunan. Hal ini merupakan penjelasan dari Wiku Adisasmita yakni Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Pemerintah akan kembali memberi izin untuk segala aktivitas, dari mulai sekolah, bekerja hingga tempat wisata namun tetap mematuhi protokol kesehatan, demi mencegah penyebaran virus saat beraktivitas yaitu dengan memakai masker saat keluar rumah, menjaga jarak minimal satu meter dari orang lain. Hal ini akan terus berlangsung hingga vaksin Covid-19 ditemukan, dapat dikatakan bahwa new normal ini bertujuan untuk menata kembali kehidupan masyarakat.

"Kita harus beradaptasi dengan aktivitas, dan bekerja dan tentunya harus mengurangi kontak fisik dengan orang lain dan menghindari kerumunan serta bekerja, bersekolah dari rumah" ujar Wiku Adisasmita, Senin (18/5/2020).

Untuk menerapkan era new normal ini, setiap wilayah harus mengikuti syarat yang telah ditentukan oleh Pemerintah diantaranya yaitu : Pengawasan terhadap virus atau kesehatan masyarakat, Kapasitas pelayanan kesehatan, Tanggapan pubik serta Persiapan dunia usaha. Wilayah tersebut harus mengalami penurunan dibawah angka 1 dalam reproduksi wabah efektif.

Pola hidup bersih dan sehat tetap menjadi cara paling efektif untuk mencegah Covid-19 dalam menerapkan kebijakan era new normal ini.