• Kontak Kami: (021) 77805706

Himbauan WHO Untuk Berpuasa dengan Aman Ditengah Pandemi

sekolahrelawan.com (30/4/2020) Tak dipungkiri bulan ramadhan kali ini harus kita jalani ditengah masa pandemi Corona, namun ibadah puasa masih harus  dilaksanakan untuk kita yang masih diberi kesehatan, tidak perlu khawatir untuk berpuasa ya, kita bisa berpuasa dengan baik meski ditengah pandemi, salah satunya dengan mengikuti himbauan dari WHO yaitu sebagai berikut .

Bagaimana Jika Berpuasa di Tengah Pandemi ?

Mungkin banyak yang mempertanyakan apakah seseorang yang berpuasa rentan terhadap virus Covid 19, karena khawatir tubuh menjadi lebih beresiko terhadap Covid 19 ketika kita berpuasa.

 meskipun tidak ada penelitian mengenai hal ini, namun dikutip dari panduan yang ditulis oleh WHO pada Kamis (23/4/2020) yang menyatakan :

"Sehingga orang yang sehat boleh tetap berpuasa seperti tahun-tahun sebelumnya". Tetapi bagi pasien Covid 19, WHO meminta agar mereka berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jangan takut untuk berpuasa karena berpuasa dengan benar dibulan ramadhan justru membuat tubuh kita semakin sehat.

Memenuhi Kebutuhan Gizi dan Hidrasi Ketika Berbuka 

Sangatlah penting untuk kita memperhatikan asupan gizi dari makanan yang kita konsumsi ketika berbuka ataupun sahur, perbanyak minum air putih selama ramadhan untuk mempertahankan stamina dan mengurangi resiko terpapar virus Corona, WHO menyatakan bahwa : "Orang harus makan bervariasi dan makanan segar yang tidak diproses setiap hari serta tetap minum air putih". Pilih makanan sehat ketika berbuka dan sahur, sebaiknya hindari makanan cepat saji ya.

Tetap Melakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik juga diimbau untuk tetap dilakukan maski kita sedang berpuasa, banyak olahraga yang bisa kamu lakukan dirumah, minimal dengan melakukan olahraga ringan. Meski memang ada pembatasan secara intensitas namun olahraga sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh, dan olahraga mampu membangkitkan semangat.

Terapkan Physical Distancing

Physical distancing atau pembatasan fisik menjadi pencegahan yang harus diterapkan, minimal dengan jarak satu meter. Selain itu tetaplah perhatikan kebersihan dalam melakukan aktivitas ataupun ketika beramal, tetaplah pakai masker dan cuci tangan dengan benar.

Hindari Merokok

Penggunaan tembakau tidak disarankan dalam situasi apapun, apalagi selama ramadhan dan saat kondisi pandemi sekarang, karena mungkin perokok telah memiliki penyakit paru-paru dan meningkatkan resiko terpapar Covid 19. Selalu ingat ya bahwa merokok itu tidak baik untuk kesehatan mu.

Tetap semangat berpuasa ya kawan baik, tetap terapkan prilaku hidup bersih dan sehat dimana pun kamu berada ya.

oleh:Novi