• Kontak Kami: (021) 77805706
Hari Santri Nasional, Mari Bersinergi Bersama Sekolah Relawan Membantu Pembangunan Pondok Pesantren di Indonesia

Hari Santri Nasional, Mari Bersinergi Bersama Sekolah Relawan Membantu Pembangunan Pondok Pesantren di Indonesia

Hari Santri Nasional tidak dapat dilepaskan dari perjuangan para pemuka agama dalam mendirikan pondok pesantren. Saat ini, ada banyak masyarakat di Indonesia yang berinisiatif membangun pondok pesantren dengan tujuan mulia. Namun, individu atau kelompok yang membangun pondok pesantren bukan berarti telah memiliki ketersediaan dana yang mencukupi. Hal tersebut terlihat dari beberapa pondok pesantren yang masih jauh dari kata layak.

Meskipun dengan keterbatasan yang ada, tidak menyurutkan niat baik individu atau kelompok yang ingin membangun pondok pesantren demi mendidik generasi bangsa dengan bekal ilmu agama dan pendidikan karakter agar dapat menjadi manusia yang bijaksana baik dalam kehidupan beragama ataupun kehidupan sosial. Harapan mulia mereka membuat Sekolah Relawan ingin mengajak orang baik memberikan tempat ibadah bagi pendiri ataupun santri yang tetap semangat belajar.

Saat ini, Sekolah Relawan sedang dalam proses menggalang dana untuk membangun dua tempat ibadah untuk santri Pondok Pesantren Al-Hazan di Ciseeng dan Pondok Pesantren Ashi-Shiddiqiyah di Cigudeg, Bogor, yang akan segera direnovasi. Tempat ibadah seperti mushola adalah hal yang menjadi fokus Sekolah Relawan sebab kedua pondok pesantren ingin memiliki mushola dua lantai sekaligus tempat tidur para santri.

Upaya ini kami harapkan dapat menjadi kontribusi nyata Sekolah Relawan dengan mengajak orang baik di Indonesia untuk jadi bagian aksi kebaikan ini demi melanjutkan perjuangan para pahlawan dari kalangan santri seperti Kyai Hasyim Asyari dan ulama Indonesia terdahulu yang turut dalam peperangan demi Kemerdekaan Indonesia.

Pondok pesantren adalah bagian dari sejarah. Sudah sepatutnya sebagai penerus bangsa kita bersatu bersama membantu terjaganya kebaikan sejarah yang ditinggalkan leluhur kita. Mari bersinergi untuk menjaga semangat para santri dengan mewujudkan mimpi mereka memiliki tempat ibadah yang lebih layak huni. Jangan biarkan warisan sejarah kehilangan maknanya.