Gempa Pacitan Semalam, Menjadi Bukti Bahwa Sesar Grindulu Masih Aktif

Gempa Pacitan Semalam, Menjadi Bukti Bahwa Sesar Grindulu Masih Aktif

sekolahrelawan.com- Baru semalam, Kamis (7/11) gempa berkekuatan 3,1 SR mengguncang Pacitan dan sekitarnya. Tak berdampak besar, namun cukup untuk membuktikan bahwa Sesar Grindulu masih aktif dan perlu diwaspadai.

"Melihat lokasi episenternya diduga kuat bahwa pembangkit gempa ini adalah Sesar Grindulu. Sesar ini terbentuk pada zaman kwarter yang berorientasi timur laut-barat daya," Ujar Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangannya kepada Tempo.co (8/11)

Dilansir dari Tempo.co, bahwa mekanisme sumber gempa ini adalah sesar geser (strike slip) dengan arah timur laut-barat daya. Ini sesuai dengan karakteristik Sesar Grindulu yang memang merupakan sesar geser.

Dalam beberapa literatur hasil kajian, jalur Sesar Grindulu melintasi lima kecamatan, yakni Kecamatan Bandar, Nawangan, Unung, Arjosari, serta Donorojo.

Hal ini diperkuat dengan Hasil monitoring BMKG hingga Jumat (8/11) pukul 08.00 WIB belum ada aktivitas gempa susulan. Selain itu belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa tersebut.