FoodBOX: Sampai Jadi Debu di Atas Vespa

FoodBOX: Sampai Jadi Debu di Atas Vespa

sekolahrelawan.com- Setiap sore kami menghabiskan waktu untuk berkeliling berbagi kebaikan. Dari sekotak nasi, di tengah teriknya mentari dan beratnya kehidupan jalanan, akan ada senyuman-senyuman yang tergambar dari raut muka mereka yang sedang berjuang mencari nafkah kehidupan.


Depok selepas ashar menyuguhkan terik yang cukup mengeringkan tenggorokan. Dari sela-sela gang sempit sampai ke jalan besar, motor mungil yang ditunggangi relawan sambil bawa tas mirip kura-kura ninja. Yanti dan Sisi adalah sosok perempuan yang bertugas sore itu untuk mengantar 40 kotak FoodBOX.

Memulai dengan membaca doa, tak lupa pakai helm paling lucu karena kami akan berselancar di tengah hiruk pikuk orang-orang sibuk. Melihat kiri dan kanan, selalu berharap menemukan orang-orang yang seharusnya mendapatkan manfaat FoodBOX.

Bahu jalan menjadi tempat yang baik untuk bercerita, disana kami menempi untuk berbagi sekotak senyuman, kepada Ibu Pemulung, Bapak pencari rongsok, teman-teman pengamen jalanan. Mereka adalah sahabat kami di jalanan, bertukar cerita, menabung pandangan hidup yang baru, dan dipupuk untuk belajar akan kesederhanaan rasa bersyukur.

Kami lanjut menyusuri jalan aspal yang mulai meredup. Pekik berisik suara motor jelas terdengar di belakang kami, ini seperti motor Vespa tahun tua. Ternyata benar, perlahan kendaraan kaleng ini menyusul motor kami.

 Ah! ada yang menarik disini, vespa ini ternyata memiliki  boncengan samping yang sengaja dibuat oleh pemiliknya. Tak hanya menarik, bagi kami ini juga romantis, Sepasang suami isteri yang tengah menikmati usia senjanya di atas motor vespa.

"Mau kemana pak?" sapa kami dari atas motor

"Mau ke rumah anak dek, udah lama gak ngeliat cucu"ujarnya sambil mengemudi

"Pak maaf, boleh berhenti dulu aku mau ngobrol" inisiatif ku untuk bertukar cerita

Pak Karyo, lelaki berumur 70 tahun ini bersemangat untuk menemui anak-anaknya. Di samping, ada isterinya bu Siti yang sedang asik duduk menikmati semilir angin. Bu Siti sudah berumu 64 tahun, ia tak malu meski harus berbonceng menggunakan vespa seperti ini.

Dua orang tua yang kami temui di jalan sedang menjadi musafir untuk menemui anak-anaknya, melihat kondisi seperti ini, tak pikir panjang kami langsung mengambil dua kotak FoodBox dari motor.

"Pak Karyo, ini ada bekal makanan untuk berbuka di jalan sama ibu" sambil memberikan FoodBOX

"Masya Allah, makasih dek! semoga Allah membalas kebaikan adik-adik" tuturnya sambil tersenyum

Tubuhnya yang mulai rentan, tak menggoyahkan niat mereka untuk menjadi musafir sambil mengendarai vespa.
seperti sebuah syair Banda Neira,

Sampai kita tua, sampai jadi debu.
Salahkah ku menuntut mesra
Tiap taufan menyerang
Kau di sampingku
Kau aman ada bersama ku


Oleh: Izhar