• Kontak Kami: (021) 77805706

Disinfektan dan Sterilisasi Upaya Pencegahan Virus Corona, yang Kini Sedang Dilakukan Diseluruh Dunia

sekolahrelawan.com (17/3/2020) Seiring dengan menyebarnya virus Corona (Covid-19) yang kini sedang terjadi, seribu upaya untuk mencegahnya kini sedang dilakukan di seluruh dunia. Salah satunya dengan mengandalkan cairan Disinfektan untuk mensterilisasi fasilitas umum maupun fasilitas sosial sebagai upaya membasmi bakteri penyebab virus tersebut.

Pada artikel kali ini Sekolah Relawan ingin mengajak kamu untuk mengetahui lebih lengkap tentang apa itu disinfektan, apa saja manfaatnya dan seberapa pentingkah tindakan sterilisasi harus dilakukan dalam pencegahan virus corona. Supaya kita bisa memberi penjelasan serta mengajak banyak orang untuk bersama lakukan pencegahan sedini mungkin.

Sebenarnya Apa Sih Disinfektan Itu?

image by Google

Disinfektan adalah sebuah bahan kimia berbentuk cairan, yang bersifat toksik dan memiliki kemampuan membunuh mikroorganisme. Cairan disinfektan ini digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran jasad renik seperti bakteri dan virus, tak hanya itu disinfektan juga memiliki kemampuan untuk membunuh atau menurunkan jumlah mikroorganisme atau penyakit lainnya, lebih dari sekedar antiseptik biasa yang hanya mampu membasmi bakteri dan jamur di permukaan kulit saja.

Berbeda dengan antiseptik yang bisa digunakan untuk permukaan kulit, penggunaan disinfektan diterapkan pada permukaan, peralatan atau benda mati lainnya, jangan sampai terkena kulit sebab cairan disinfektan bisa memberikan dampak buruk dan berbahaya yaitu pengerasan kulit dan luka seperti peradangan.

Sterilisasi Bukan Cuma Pembersihan Biasa Loh.

image by Google

Mungkin selama ini kita masih mengartikan tindakan sterilisasi hanya sekedar kegiatan bersih-bersih biasa, namun sebenarnya tindakan sterilisasi lebih dari sekedar tindakan pembersihan. Sterilisasi sendiri sebenarnya merupakan proses pemusnahan segala bentuk mikroorganisme yang terdapat di bagian tertentu seperti daerah permukaan, di dalam cairan, obat-obatan atau media tumbuh biologis.

Sterilisasi dilakukan dengan banyak metode diantaranya adalah dengan metode pemanasan (Heating), menggunakan bahan kimia (Chemicals), menggunakan radiasi (Irradiation), dengan menggunakan tekanan tinggi (High Pressure) dan metode saring (Filtration), lebih maksimal dari sekedar tindakan bersih-bersih yang biasa kita lakukan.

Alasan Pentingnya Tindakan Sterilisasi di Fasilitas Umum dan Sosial

image by Google

Penyebaran virus dapat dengan cepat terjadi ketika kita berada di failitas umum mapun fasilitas sosial seperti Puskesmas, Sekolah dan Tempat Ibadah mengapa demikian? sebab tempat-tempat tersebut akan didatangi atau dilalui oleh banyak orang, maka bisa menjadi tempat penyebaran virus dengan cepat apabila terdapat orang yang sedang terinfeksi virus berada di tempat tersebut.

Selain itu di fasilitas umum ataupun fasilitas sosial, mungkin banyak benda yang disentuh atau dipakai secara bergantian, jika di permukaan benda tersebut terdapat kuman penyebab virus, maka virus tersebut dapat menyebar dengan mudah dan cepat saat benda tersebut dipegang atau digunakan oleh banyak orang, terlebih lagi banyak balita dan lansia yang bisa saja berada di tempat tersebut. Untuk itu tindakan sterilisasi saat ini sangat diperlukan sebagai upaya membasmi bakteri penyebab virus yang mungkin ada di sana dan menghentikan penyebaran virus secepat mungkin, terlebih lagi di lingkungan yang banyak penduduk.

Virus corona memang kita hadapi saat ini, tapi yang pertama harus kita lakukan adalah jangan panik, ingat bahwa kita memiliki perlindungan dari Tuhan yang maha esa, teruslah berdoa dan jangan pernah bosan untuk melakukan tindakan pencegahan tanpa harus melakukan tindakan yang berlebihan.

oleh:Novi
editor:Izhar