Yang Terasa di Atas Perahu Ketinting Banjir Ganas Konawe

Di Atas Perahu Ketinting Banjir Ganas Konawe

sekolahrelawan.com- Pada hari Jumat 14 Juni 2019 kami, tim SDR Sekolah Relawan tiba di salah satu lokasi terjadinya banjir yaitu Desa Ameisu, Kec. Pondidaha, Kab. Konawe. Sulawesi Tenggara. Dengan anggota tim berjumlah dua orang, kami bergegas untuk assesment dan segera melakukan tindak evakuasi dan pertolongan cepat menggunakan perahu ketinting.

Banjir masih mengenangi sebagian besar wilayah Konawe Utara sejak seminggu lalu, intensitas hujan yang tinggi membuat debit air tak kunjung surut. Kami datang membawa misi kemanusiaan untuk menolong ribuan saudara kita yang sedang diterjang bencana.



Sesampainya di tanah Sulawesi, kami segera memijakkan langkah kaki pertama untuk mengemban amanah kemanusiaan. Diawali dengan membaca doa dan semangat kerelawanan kami berdua menyusuri lokasi bencana Banjir. Ribuan orang telah mengungsi ke berbagai tempat, namun tak sedikit diantara mereka masih bertahan di rumahnya karena kesulitan untuk mobilisasi dan mendapatkan bantuan.


Air yang sudah mengepung pemukiman warga sudah mencapai tinggi pingang orang dewasa. Kami datang menjamak saudara kita dengan menggunakan perahu Ketinting. Di atas perahu mungil yang muat sekitar 5 orang ini, kami menyusuri aliran banjir, menengok rumah-rumah yang tersisa sambil membawa bantuan makanan serta obat untuk didistribusikan.


Diterjang derasnya banjir dan susahnya akses untuk menuju lokasi-lokasi lain, membuat tim SDR harus bekerja ekstra untuk mendayung perahu menuju korban yang masih tersisa. Alhamdulillah, selain berusaha melakukan evakuasi, Tim SDR juga ikut membantu mendistribusikan bahan pangan, obat-obatan, selimut dan air mineral untuk ribuan saudara kita yang menjadi korban banjir ini.

Tim SDR masih terus berupaya untuk bisa memperpanjang jalinan kepedulian terhadap manusia dengan menyalurkan bantuan dan melayani para penyintas dengan semangat dan sepenuh hati.