• Kontak Kami: (021) 77805706
Cara Tepat Generasi Muda Memaknai Hari Sumpah Pemuda

Cara Tepat Generasi Muda Memaknai Hari Sumpah Pemuda

Tepat 92 tahun yang lalu pada tanggal 28 Oktober 1928, para pemuda mengikrarkan diri untuk bertumpah darah, berbahasa, dan berbangsa Indonesia. Adanya ikrar tersebut menjadi bagian dari perjalanan panjang bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak persatuan dan bentuk semangat golongan-golongan muda dalam mewujudkan kemerdekaan RI. Pada saat itu, organisasi-organisasi pemuda mulai gencar mengumandangkan persatuan bangsa.

Meneladani perjuangan golongan pemuda yang saat itu memperjuangkan kemerdekaan tetap bisa kita lakukan agar terjaganya persatuan bangsa dan pembangunan Inndnesia dalam segala sektor kehidupan. Beberapa hal dapat kita lakukan sebagai generasi muda yang seharusnya dapat menjadi garda terdepan kemajuan bangsa:

1.  Fokus Belajar dan Jadi yang Berprestasi

Membangun sebuah negeri membutuhkan sumber daya manusia yang unggul. Setiap orang memiliki bakat yang selalu bisa dikembangkan. Adanya bakat tersebut bisa membuat seseorang berprestasi di bidang yang dia kuasai baik dalam pendidikan formal ataupun non-formal. Selain itu, generasi muda harus mengetahui betapa pentingnya pendidikan untuk bisa bersaing menjadi yang bertahan di masa depan dengan adanya kemajuan teknologi.

Saat ini banyak anak muda yang mencoba mendaftar beasiswa untuk kuliah ke luar negeri dengan harapan kembali ke Indonesia membawa perubahan ide baru yang berdampak pada kemajuan bangsa. Selain di bidang pendidikan formal, contoh perjuangan lainnya adalah pemuda di tim sepak bola yang bekerja keras latihan setiap saat untuk memajukan dunia sepak bola.

2.  Menggunakan dan Memajukan Produk dalam Negeri

Ada banyak produk dalam negeri yang kini mulai eksis. Media digital semakin mempermudah para pengusaha muda memasarkan produknya. Mempersuasi para kaum muda untuk memproduksi, membeli, atau menggunakan produk dalam negeri dapat menjadi salah satu cara agar generasi penerus menyadari pentingnya mempertahankan sumber daya lokal yang akan berdampak pada kemajuan dan persatuan bangsa.

3.  Menyebarkan Pesan Positif

Meskipun terkesan sepele, menyebarkan pesan positif memiliki dampak yang cukup besar bagi masyarakat. Menyebarkan semangat Sumpah Pemuda melalui media sosial dapat membantu meredakan respon negatif atas informasi yang tidak seharusnya. Hal tersebut memupuk semangat persatuan dan persaudaraan antar sesama.

4.  Melakukan Aksi Nyata Kemanusiaan

Kontribusi lain yang bisa dilakukan generasi muda adalah aksi nyata menyebar kebaikan. Jika tidak bisa bersedekah atau melakukan penggalangan dana, kaula muda dapat bergabung menjadi bagian dari aksi kemanusiaan di berbagai Lembaga Sosial Kemanusiaan. Memberikan waktu dan tenaga untuk  kepentingan masyarakat dapat meningkatkan nilai dan rasa cinta terhadap tanah air.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam menyebarkan semangat Sumpah Pemuda untuk meningkatkan rasa nasionalisme atau cinta tanah air kepada generasi muda penerus bangsa. Oleh karena itu, sebagai pemuda Indonesia, Sekolah Relawan mengajak para pemuda untuk ikut serta menjadi bagian niat baik membantu masyarakat Indonesia yang membutuhkan generasi yang mau berkontribusi sepenuh hati memberi yang terbaik untuk kemajuan Indonesia.