• Kontak Kami: (021) 77805706
Bukan Sekedar Kebakaran, Inilah Fakta Mengejutkan Dibalik  Kebakaran Hutan di Australia

Bukan Sekedar Kebakaran, Inilah Fakta Mengejutkan Dibalik Kebakaran Hutan di Australia

sekolahrelawan.com (10/1/2020) Langit Australia seakan menghitam sebab kebakaran hutan masih saja terjadi, bukan hanya masyarakat lokal, kabar mengenai kebakaran hutan ini pun mengejutkan mayarakat dunia, kebakaran yang terjadi di tahun 2020 ini, merupakan kebakaran yang cukup dahsyat yang pernah terjadi di Australia, ada banyak hal mengejutkan terkait kebakaran hutan yang terjadi di Australia ini.

Luas Lahan yang Terbakar, Dua Kali Luas Negara Belgia

Luas lahan yang terbakar mencapai lebih dari 60.000 kilometer (km) persegi, bahkan luas ini setara dengan dua kali luas negara Belgia. Luas wilayah yang terbakar ini menjadi yang terbesar dibandingkan dengan kebakaran hutan yang pernah terjadi di Amazon yaitu hampir 25.000 km yang merupakan hutan hujan terbesar di dunia.

Riwayat Kebakaran Dahsyat di Australia

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Australia bukanlah yang pertama kalinya, pada 6 Februari 1851 kebakaran besar pun pernah terjadi, kebakaran ini dipicu oleh gelombang panas dan kekeringan yang saat itu melanda Australia, setidaknya 5 juta hektar telah terbakar, sebanyak 12 orang dilaporkan meninggal dunia serta ribuan hewan mati dalam kebakaran ini.

kebakaran hutan pun kembali terjadi pada September 2019 lalu, mempengaruhi beberapa wilayah negara bagian New Sout Wales seperti Pantai Utara, Pantai Utara Tengah, Wilayah Hunter, Hawkesbury dan juga Wollondilly di ujung barat laut Sydney.

Pada Januari 2020  kebakaran masih saja terjadi, api telah menghanguskan lebih dari 5,25 hektar lahan. Perdana Menteri Australia Scott Morrison telah memastikan bahwa jumlah korban meninggal dunia sebanyak 27 orang, ia juga mengumumkan sebanyak 2.131 rumah hancur  yang disebabkan oleh kebakaran ini, pernyataan ini disampaikan saat konferensi pers di Gedung Parlemen pada Kamis (9/1/2020) jumlah korban pun diperkirakan akan terus meningkat, bahkan sebanyak 480 juta satwa turut menjadi korban termasuk 8.000 koala yang merupakan satwa langka.

Penyebab Terjadinya Kebakaran

Suhu panas ekstrem yang melanda Australia serta petir yang membakar hutan lah yang menjadi penyebabnya, faktor tingkah laku manusia pun turut menjadi penyebab kebakaran ini. Kepolisian NSW telah menyatakan sekitar 24 orang tertangkap menyalakan api di hutan, bahkan sebanyak 183 orang telah ditahan kepolisian terkait kasus kebakaran hutan sejak November 2019 lalu.

Awan AsapTerlihat Hingga Negara Lain

Awan asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan ini, dikabarkan terlihat dari Chile dan Argentina, padahal keduanya memiliki jarak yang cukup jauh yaitu sekitar 1200 km dari Australia, hal ini membuktikan bahwa kebakaran yang terjadi ini sangatlah dahsyat.

Kejadian ini merupakan pelajaran untuk kita semua, agar lebih melestarikan alam dengan tidak melakukan berbagai hal yang bisa menjadi faktor terjadinya bencana.

oleh: Novi
editor: Izhar