Buat Rumahmu Aman Asap Dengan 5 Langkah Sederhana Ini, Dijamin Adem!

Buat Rumahmu Aman Asap Dengan 5 Langkah Sederhana Ini, Dijamin Adem!

sekolahrelawan, tips n trick (26/9)- Kebakaran hutan dan lahan yang semakin parah membuat asap semakin pekat dan berbahaya, jangankan untuk beraktifitas di luar, bahkan di dalam rumah saja sudah tidak enak hawanya. Sekolah Relawan akan berikan tips buat kamu yang tinggal di Sumatera atau Kalimantan supaya rumahmu tetap nyaman dan aman.

Mencegah adalah cara terbaik dari pada mengobati, namun apabila sudah terjadi, segeralah ambil langkah pasti. Seperti pembuatan Rumah Aman Asap untuk kalian yang sedang berjuang dari Karhutla dan Kabut Asap.


Sekolah Relawan, melalui tim Rescue yang bertugas di Kalimantan telah menerapkan sistem ini pada Basecamp relawan, kami akrab menyebutnya Rumansa. Nah, agar manfaat dari sistem ini terasa lebih luas, langsung aja deh cekidooot gimana cara buat Rumahmu aman asap dengan 5 langkah sederhana.

1. Sediakan Pendingin Udara (AC/Kipas)

Selain membuat udara di ruang yang tertutup menjadi lebih nyaman, menyalakan AC atau kipas angin dapat menjaga sirkulasi udara. Jika tidak memiliki AC atau kipas angin, manfaatkan tirai yang telah diberi air. Tirai basah memiliki fungsi yang sama dengan kain basah.



2. Hindari Aktivitas yang Menambah Asap

Permasalahan pertama datang dari asap, lhoo kok kita malah menambahkan asap? Tenang ini bukan berarti kamu nggak boleh masak-masak, tapi mulai dari sekarang mari kita lebih bijak dalam melakukan aktivitas yang menimbulkan asap. Karena, tanpa disadari, jika kita melakukan aktivitas yang bisa menambah volume asap di rumah bisa jadi, rumah kita sudah aman dari paparan asap karhutla, namun tidak aman dari asap buatan kita sendiri. 



3. Letakkan Tanaman

Wih kalo ini sih, selain bisa bikin suasa rumah jadi tambah ijo ijo seger, tapi juga bermanfaat untuk menambahkan jumlah O2 dan menyerap CO2. Kamu cukup letakkan tanaman pada pot di dalam ruangan. Tanaman yang sebaiknya digunakan ialah lidah mertua, lili paris, sirih gading, dan suplir.


4. Manfaatkan Aquarium

Aquarium nggak cuma bikin relax aja lhooo, ternyata dalam kondisi dikepung kabut asap, Aquarium juga bisa berfungsi menjaga kelembaban udara sekaligus mengurangi CO2. Gampang banget caranya, letakkan aquarium berisi air, diberi ganggang, dipasangi lampu LED, jangan lupa kasih ikan-ikan hias biar semakin lucu dan sebagai pembentuk ekosistem.


5. Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Wah nggak banget deh, kalo rumah kita udah terpapar kabut asap ditambah kondisi rumah yang berantakan, kotor, uhhh udah pasti gak sehat yaa. Nah, penting banget nih kawan baik! dalam kondisi terpapar asap dan lingkungan yang kurang sehat, lindungi diri dengan penerapan PHBS atau Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. PHBS antara lain membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun, menutup tempat penampungan air agar tidak terpapar asap, mencuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi dan menyediakan obat-obatan di rumah.

Obat-obatan ini termasuk masker, jika kita terpaksa harus keluar rumah serta tabung oksigen bila ada anggota keluarga yang memiliki gangguan pernapasan.


Begitu tips singkat membuat rumah kamu jadi Rumah Aman Asap! Semoga bencana Karhutla dan kabut asap ini cepat berlalu ya kawan baik, biar kita semua dapat kembali beraktivitas.