• Kontak Kami: (021) 77805706
Tips yang Harus Kamu Lakukan, Untuk Menjadi Seorang Relawan Sejati

Buat Kamu yang Mau Jadi Relawan, Coba Lakukan 6 Hal ini Dulu Deh

sekolahrelawan.com (15/1/2020) Menjadi seorang relawan merupakan hal yang mulia, menjalankan tugas sebagai garda depan kemanusiaan, membantu saat terjadi bencana, serta membantu orang-orang yang membutuhkan, namun menjadi seorang relawan bukanlah hal yang mudah. Tak hanya bermodal tekad, bekal yang cukup juga sangat diperlukan, banyak hal yang harus dilakukan untuk menjadi seorang relawan sejati, apa saja? Baca selengkapnya ya!


Mempersiapkan Mental

Seorang relawan harus siap ditempatkan di segala situasi, bahkan di situasi darurat dengan medan berat sekalipun, oleh sebab itulah mental yang kuat harus dimiliki, seorang relawan harus siap bertahan di situasi yang berbahaya, relawan harus mampu membuang rasa takut saat terjun ke lokasi bencana, dan mampu menahan emosi ketika menghadapi suatu masalah saat bertugas, untuk itu persiapkanlah mental sebelum memustuskan untuk menjadi seorang relawan.

Latihan Fisik Secara Rutin

Selain mental, ketahanan fisik yang kuat juga sangat diperlukan, seorang relawan harus bersedia menjalankan tugas di segala tempat dengan kondisi yang tidak menentu, relawan yang terjun ke lokasi bencana sudah pasti harus siap menghadapi rintangan dan medan yang berat, untuk itu kekuatan fisik merupakan hal yang pasti dibutuhkan oleh seorang relawan.

Pilihlah Program yang Sesuai Keahlian

Kamu harus memilih program dengan kegiatan yang mampu kamu lakukan, kamu harus mengetahui apa saja yang yang harus kamu lakukan, mengetahui situasi serta kondisi di lokasi yang akan menjadi tujuan saat mengikuti sebuah program kemanusiaan, maka dari itu kamu tidak boleh sembarangan terjun langsung ke lapangan ya!

Perhatikan Kondisi Tubuh

Tugas seorang relawan tidaklah mudah, untuk menghadapi segala situasi dan kondisi maka seorang relawan harus berada dalam kondisi yang tubuh yang sehat saat menjalankan tugas, jangan memaksakan diri jika kondisi tubuh mu tidak memungkinkan untuk terjun ke lapangan, perhatikan juga kesehatan mu sebelum mengemban tugas sebagai seorang relawan.

Meminta izin Orang Tua

Meminta izin dari orang tua merupakan hal yang paling utama, orang tua harus mengetahui tugas seperti apa yang akan kamu lakukan, di mana lokasinya dan bagaimana kondisi lokasi tersebut, bagaimana pun juga restu dan doa dari orang tua adalah hal yang tepenting untuk seorang relawan.

Mengikuti Orientasi Relawan

Sebelum menjadi seorang relawan, kamu harus mempunyai bekal yang cukup, arahan dan bimbingan sangat diperlukan sebelum terjun ke lapangan, untuk itu Sekolah relawan mengadakan Orientasi Relawan untuk memberikan informasi mengenai ilmu kerelawanan, kamu bisa mendapatkan ilmu tentang kerelawanan dari beberapa komunitas yang sudah bergerak dan melakukan aksi kerelawanan.

Menjadi seorang relawan memang bukanlah hal yang mudah, tetapi akan ada banyak hal yang akan kamu dapatkan, pengalaman yang luar biasa dapat kamu rasakan ketika kamu melakukan aksi-aksi kebaikan, teruslah latihan dan persiapkan diri untuk menjadi relawan sejati.


oleh:Novi
editor:Izhar