BADAI MATAHARI: DAMPAK TERHADAP BUMI KITA

BADAI MATAHARI: DAMPAK TERHADAP BUMI KITA

sekolahrelawan.com (15/3)- Badai Matahari terjadi hari ini 15 Maret 2019 yang membuat gempar masyarakat di penjuru dunia. Masyarakat Indonesia termasuk salah satunya, kita khawatir Badai Matahari ini akan berdampak kerusakan dan mengancam keselamatan manusia. Sebenarnya, sekacau apa sih Badai Matahari?

Mari kita mengenal apa itu Badai Matahari terlebih dahulu, Badai Matahari adalah aktivitas interaksi Matahari dengan medan magnetik Bumi. Penyebab terjadinya badai matahari adalah Solar flare dan Coronal Mess Ejection (CME)

Menurut laman kosmologi, Solar Flare merupakan ledakan pada Matahari akibat terbukanya salah satu kumparan medan magnet permukaan Matahari. Ledakan Solar Flare melepaskan partikel berenergi tinggi dan radiasi elektromagnetik. Partikel bernergi tinggi Solar Flare akan mencapai Bumi dalam waktu 1-2 hari.
Sedangkan Radiasi elektromagnetiknya akan menjamak Bumi dalam waktu sekitar 8 menit.


Coronal Mess Ejection adalah letupan yang menyembur dari permukaan Matahari sebagai pelepasan material dari Korona. Dalam semburan CME, material dilontarkan dengan kecepatan rata-rata 350km/s dan membutuhkan waktu 1-3 hari untuk sampai ke Bumi.

Sebenarnya, fenomena ini adalah hal lumrah dalam siklus luar angkasa kita, karena Badai Matahari merupakan wujud dari Siklus keaktifan Matahari sekitar setiap 11 tahun. Karena saat Siklus Keaktifan Matahari sedang klimaks, angin Matahari akan lebih kencang  dan partikel bergerak lebih energik. Sehingga, bumi akan lebih banyak dipapar dengan partikel-partikel bermuatan tinggi dan radiasi elektromagnetik energi tinggi.

Tak banyak dampak yang dihasilkan kepada Bumi karena, Solar flare dan CME yang terjadi di Matahari, tidak akan cukup untuk menyebabkan peristiwa seperti yang digambarkan dalam beberapa film yang beredar belakangan ini. Tetapi beberapa diantaranya cukup menganggu kehidupan di Bumi untuk beberapa saat. Berikut adalah contoh dampak Badai Matahari bagi Bumi:
1. Gangguan Pada Medan Magnetik
2. Menyebabkan Gangguan Signal
3. Binatang Yang Peka Terhadap Medan Magnetik: Lumba-lumba, Paus dan Burung-burung.


Jadi gak usah khawatir ya sama fenomena Badai Matahari ini kawan baik, karena ini adalah siklus wajar bagi Matahari kita.