• Kontak Kami: (021) 77805706
Menjadi Relawan adalah Tugas Generasi Muda

Anak Muda Masa Kini Harus Jadi Penggerak Aksi

Generasi muda saat ini adalah generasi yang lahir dan tumbuh di tengah perkembangan teknologi. Oleh sebab itu, anak muda dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan dunia modern yang dapat menyebabkan mereka krisis identitas diri jika tidak memiliki kontrol yang baik. Lingkungan sosial memengaruhi gaya hidup yang dipilih. Keinginan dan kebutuhan yang tidak bisa dikendalikan menjadi salah satu hal yang dapat membuat anak muda terus terjebak dalam permainan ajang eksistensi tanpa aksi nyata. Jika tidak memiliki karakter dan prinsip hidup yang kuat, akan mudah bagi generasi muda mengikuti pandangan negatif yang dapat berpengaruh pada cara berpikir mereka.

Melihat dari sudut pandang yang berbeda, masih banyak generasi muda yang sadar manfaat kehadirannya di tengah lingkungan masyarakat. Generasi muda yang tidak hanya narsis tapi juga aktif mendorong kemajuan dirinya agar dapat lebih bijaksana dalam bersikap di lingkungan sosial yang berbeda-beda.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mendorong diri agar menjadi pribadi yang positif baik dalam perbuatan ataupun pikiran. Salah satunya adalah dengan menjadi volunteer atau relawan.

Di masa pandemi ini, peran anak muda sangat dibutuhkan sebagai penggerak aksi baik untuk memberi manfaat secara lebih luas kepada masyarakat. Januar dan Laila adalah dua generasi muda yang berbeda usia namun memiliki minat yang sama, yaitu menjadi relawan kemanusiaan.

Januar adalah mahasiswa baru yang berumur 17 tahun dan berasal dari Bojong Gede. Januar mengatakan karena tidak bisa membantu secara materi, ada baiknya dia membantu melalui tenaga dibanding hanya pansos (panjat sosial) di media sosial tanpa tujuan jelas. Januar berharap dengan menjadi relawan, dia akan lebih mudah bersosialisasi di lingkungan yang baru dan belajar cara pandang baru.

Laila kelahiran 1992, dahulu bekerja untuk sebuah bank dan memilih berhenti karena ingin fokus memperbaiki diri. Dia sudah hampir setahun menekuni dunia relawan. Baginya, kesehatan mentalnya adalah hal yang utama. Mengobati diri dengan menjadi volunteer adalah keputusan tepat bagi Laila.

Januar dan Laila adalah contoh anak muda yang sadar akan kebutuhan dirinya untuk jadi pribadi yang harus lebih baik lagi. Januar dan Laila memutuskan menjadi volunteer di Sekolah Relawan. Terlihat mereka menikmati keseharian dengan mengikuti beberapa program Sekolah Relawan yang memberi pengalaman berharga kepada para relawan. 

Menjadi volunteer itu adalah tugas penting generasi muda. Sebab, siapa lagi yang akan menjadi penggerak aksi jika bukan anak muda masa kini. Yuk jadi volunteer!