Agar Selamat dari Bencana, 5 Tips Siap Siaga Bencana ini Wajib Kamu Ketahui!

Agar Selamat dari Bencana, 5 Tips Siap Siaga Bencana ini Wajib Kamu Ketahui!

sekolahrelawan- Kawan baik, udah pada tau belom kalo hari ini adalah Hari Kesiapsiagaan Nasional? siap siaga akan hal apa sih kok harus sampai diperingati kaya gini ya. Nah, Pada tahun 2017 lalu BNPB menginisiasi gerakan peningkatan kesadaran dan kesiapsiagaan nasional untuk menghadapi bencana yang diperingati setiap tanggal 26 April.

Hal ini terbentuk karena Indonesia masuk kedalam Negara dengan potensi bencana terbesar, makanya Pemerintah bergegas untuk membuat gerakan sadar dan siap siaga kebencanaan.

Supaya kita bisa selamat dan menyelamatkan orang, simak deh 5 tips siap siaga bencana ini biar kamu tau harus berbuat apa nantinya.

1.Pencegahan

Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Benar, dalam hal kebencanaan itu sangat realistis tau, karena sebagian besar bencana yang terjadi disebabkan oleh ulah kita juga sebagai manusia. Walaupun semua adalah kehendak Tuhan, tetapi kita juga perlu mengambil aksi pencegahan agar kesadaran dalam diri kita terus tumbuh.

Karena jika kita tidak peka terhadap lingkungan, dan acuh akan tindak pencegahan, bisa jadi kelak hal ini akan menjadi bencana besar yang siap membunuh manusia lhooo.

2. Mitigasi

Tidak hanya berhenti sampai upaya pencegahan aja kawan baik, kita juga harus sadar akan resiko bencana dari faktor lainnya. Jadi, mitigasi sangat diperlukan sebagai upaya kita untuk sadar akan banyakknya potensi bencana yang terjadi.

Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Benar, dalam hal kebencanaan itu sangat realistis tau, karena sebagian besar bencana yang terjadi disebabkan oleh ulah kita juga sebagai manusia. Walaupun semua adalah kehendak Tuhan, tetapi kita juga perlu mengambil aksi pencegahan agar kesadaran dalam diri kita terus tumbuh.

Karena jika kita tidak peka terhadap lingkungan, dan acuh akan tindak pencegahan, bisa jadi kelak hal ini akan menjadi bencana besar yang siap membunuh manusia lhooo.

3. Kesiapsiagaan


Tidak dipungkiri, meski upaya pencegahan dan mitigasi telah kita siasati. Bencana masih berkesempatan untuk terjadi, kita tidak tahu akan ada bencana seperti apa yang akan melanda Indonesia dalam beberapa waktu kedepan.

Hal ini memaksa masyarakat untuk memiliki sikap siap siaga akan bencana, agar ketika bencana itu datang menimpa kita. Setidaknya, kita sudah tahu hal apa yang harus dilakukan dan sudah bisa menentukan skala prioritas saat situasi ini.

Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Benar, dalam hal kebencanaan itu sangat realistis tau, karena sebagian besar bencana yang terjadi disebabkan oleh ulah kita juga sebagai manusia. Walaupun semua adalah kehendak Tuhan, tetapi kita juga perlu mengambil aksi pencegahan agar kesadaran dalam diri kita terus tumbuh.

Karena jika kita tidak peka terhadap lingkungan, dan acuh akan tindak pencegahan, bisa jadi kelak hal ini akan menjadi bencana besar yang siap membunuh manusia lhooo.

4. Peringatan Dini

Ini nih yang biasanya terabaikan oleh masyarakat, masih banyak yang memilih tutup kuping dan melanggar peringatan yang sudah diberikan.

Padahal hal ini adalah salah satu upaya terbesar kita untuk selamat saat akan terjadinya bencana, biasanya pihak yang bergelut dalam kebencanaan akan mengeluarkan peringatan dini sebelum terjadinya bencana.

Jadi, ayo kira dengarkan dan patuhi instruksi dari pihak yang berwenang saat dan sebelum bencana terjadi. Ini kan demi keselamatan kita juga lhooo.

5. Perhatian

Semua upaya yang dilakukan akan sia-sia deh rasanya kalau cuma kita yang melakukan. Kita butuh gerakan masif untuk sadar akan kebencanaan, agar dapat meminimalisir korban jiwa dan kerugian pada saat bencana terjadi.

Kita perlu memberikan perhatian kepada orang-orang disekitar kita, tentu kita tidak ingin hanya diri kita saja yang selamat kan.

Ayo jika kita sudah sadar akan kesiapsiagaan bencana, kita lakukan sosialisasi dan edukasi kepada orang-orang di sekitar kita!