9 Hal Positif dibalik Kerecehan Relawan saat Terjun ke Lapangan

9 Hal Positif dibalik Kerecehan Relawan saat Terjun ke Lapangan

SRUpdate, Relawan Asik (1/22)- Lokasi bencana yang dipenuhi dengan tekanan dan ancaman bisa membuat para relawan yang berperan di lapangan mengalami stress bahkan bosan, makannya penting banget buat selalu menjaga pikiran positif dan merawat “kewarasan” dengan “kerecehan-kerecehan” kecil yang kita ciptakan sendiri. Relawan juga manusia, pasti butuh hiburan dan pengalihan dari rasa bosan.

Receh yang dimaksud ini adalah hal-hal “yang tak terpikirkan” atau “tak terbayangkan” mampu jadi pemantik tawa-tawa kebahagiaan dan menghadirkan kehangatan di tengah relawan, ya sebut aja candaan atau jokes. Yang perlu digaris dibawahi adalah, kerecehan yang diciptakan jangan sampai menyakiti atau melukai siapapun.

Nah, di tengah segala ketebatasan, para relawan pun mau nggak mau harus jadi gila untuk bisa tetap menciptakan suasana bahagia. Kalau sudah begitu, ada saja kehadiran sosok-sosok relawan lain yang diberi “kelebihan” untuk “ngelawak” atau sekedar menciptakan humor-humor receh yang mampu memancing tawa para relawan lainnya.

Kehadiran si relawan receh ini penting banget loh, selain mampu jadi penghidup energi positif buat relawan lainnya, kehadirannya juga mampu menjaga suasana positif. Ada saja tingkah laku dan ucapan si relawan receh yang membuat relawan lainnya tertular atau malah jadi ikut-ikutan receh.  Yang jelas, setiap relawan punya “cara receh” tersendiri untuk mengekspresikan diri.

Tapi, tahu nggak sih kalau kerecehan-kerecehan yang terjadi bukan berarti jadi hal mubazir yang berlalu begitu saja, ada banyak manfaat dan faedah soal “KENAPA RECEH ITU DIPERLUKAN?” Nih, Sekolah Relawan punya beberapa rangkumannya!

Kenapa Kerecehan dibutuhkan dalam dunia relawan?

1.  Kerecehan mampu mengusir rasa bosan dan meminimalisir tekanan

Kalau lagi bosen atau bete di lokasi bencana enaknya ngapain coba? Bercanda sama sesama relawan dan mulai terlibat dengan obrolan atau candaan receh bisa jadi obat ampuh buat mengusir rasa bosan loh. Tertawa bersama dan menertawakan diri sendiri bikin kita lebih SELAWWWW

2.  Kerecehan jadi jembatan melampiaskan rasa lelah

Duh cape nih! Tapi nggak ngantukk! Ngapain ya? Kebanyakan para relawan di lapangan akan menggunakan waktu istiraha buat tidur, buka socmed (kalau ada sinyal) atau mereceh bersama relawan lainnya. Entah sambal makan, sambal ngobrol, pasti ada “PASSWORD” dan “SANDI” yang disepakati  bersama untuk menjadi bahan dasar kerecehan yang nggak semua orang pahami.

3.  Kerecehan jadi ruang bagi terbangunnya interaksi antar relawan

Awal ketemu sih malu-malu, masih sungkan buat ngobrol bareng. Tapiii..begitu menemukan “sandi” kerecehan bersama, interaksi dengan kawan relawan lain pun mulai terbangun intens, lahirnya candaan receh lainya yang semakin memperkuat intensitas keakraban di lapangan.

4.  Kerecehan mempererat hubungan dan persahabatan antar relawan

Seberapa deket kamu sama sahabat relawan mu? Kamu belum deket kalau belum bisa menyusun dan mendesign “Kerangka Recehmu” sendiri. Haha.  Artinya, seperti yang tadi dibilang, bahwa ada sandi-sandi kerecehan yang nggak semua orang pahami, tapi kamu dan sahabat relawan atau kelompok relawanmu pahami.

5.  Kerecehan bisa jadi mempermudah pendekatan dengan warga setempat

Bukan hanya dengan relawan loh, kerecehan juga bisa jadi jembatan pendekatan dengan warga, asal jangan receh yang kurang ajar ya. Bisa babak belur dihajar masa loooh! Karena kalo kita sembarang bikin candaan receh sama orang yang belum dekat, mereka bisa aja gagal paham dan terluka hatinya

6.  Kerecehan bisa membantu mengembalikan semangat dan energi yang semakin menurun

Kalo liat kawan relawan lain mulai kendhoooor, ya salah satu upaya membuat dia semangat lagi adalah dengan pancingan-pancingan jokes receh, tapiiii..gak semua masalah penurunan semangat bisa ditangani dengan candaan receh, salah-salah kamu malah kena hantam temanmu yang kesal. Kalo penurunan semangatnya karena lapar alias belum makan, ya tawarin makan jangan direcehin wkwkwk

7.  Kercehan mampu melatih daya pikir dan meningkatkan kreatifitas kita

Kerecehan bisa biki tambah “cerdas” loh guys. Nggak percaya? Ketika terlibat dalam ruang-ruang kerecehan, kita dipancing untuk juga memproduksi konten-konten receh berkaitan dengan pengalaman atau hal kekinian dan tak terpikirkan. Nah…disinilah letaknya, otak kita didorong untuk berpikir hal-hal baru dan segar tapi nggak sembarangan. Orang yang bisa ngelawak itu orang-orang cerdas lhoo….ya asal ngelawaknya pake etika yaa uwuwuwwu

8.  Kerecehan bikin jadi diri sendiri mengusir rasa gengsi

Kalau kamu udah berani ngereceh dan gak gengsian saat lakuin hal-hal gila bareng temen-temen relawan, artinya kamu merasa nyaman dan bisa menjadi diri sendiri lhoooo.

9.  Kerecehan bikin awet muda

Senyum terus. Ketawa terus. Positif terus. Lama-lama bisa apa? Bisa awet mudaaaaaa daaan……….

Jadi, apa kamu juga bagian dari Klab Relawan Receh?