6 Kategori Relawan Versi Sekolah Relawan

6 Kategori Relawan Versi Sekolah Relawan

SRUpdate, Edukasi Relawan (1/16)- RELAWAN! Apa yang terbesit dibenak kawan baik saat dengar kata "Relawan"? Bencana? Aksi heroik? Kemanusiaan? Bicara soal Relawan dan dunianya tentunya akan sangat luas dan kaya intisari jika kita mau menggali.Nah, Sekolah Relawan akan menghadirkan perspektif soal Relawan berdasarkan fokus gerakan dan aksinya. Bahwasanya, definisi Relawan emang nggak bisa dipukul rata apalagi di generalisasi. Jenis-jenis aksi kerelawanan pun super super beragam sehingga kita bisa lebih banyak menggali perspektif soal Relawan dan aksi-aksinya.

So, apa aja  dan gimana sih jenis-jenis aksi kerelawanan dan ragam kategori Relawan versi Sekolah Relawan? Yuk simak barengan! 

1. RELAWAN BENCANA (RESCUER)

Si tangguh terlatih yang peduli dan selalau siap siaga turun ke medan bencana. Seorang Relawan bencana harus dibekali dengan skill dan kompetensi dasar yang mendukung kiprahnya di lokasi bencana. Aksi Relawan bencana di lapangan juga bukan cuma evakuasi atau penyelamatan korban doang! Banyak juga aksi-aksi pendukung lain seperti aksi Assessement, aksi distribusi logisitik, hingga aksi recovery dan pemulihan! Naahhhh, untuk melahirkan relawan-relawana bencana yang tanggung, Sekolah Relawan punya program DLT (DIDASTER LEADERSHIP TRAINING) yang mempersiapkan dan membekali para calon relawan bencana dengan skill dan pengetahuan dasar soal kebencanaan

 dan kepemimpinan. Siap ikutan? 

2. RELAWAN PENDAMPINGAN MASYARAKAT (FASILITATOR)

Relawan nggak cuma bergerak kalau ada bencana doang lho! Sebuah proses pendampingan dan pemberdayaan masyarakat juga bisa jadi medan juang para relawan progresif yang setia membersamai masyarakat untuk tumbuh dan berkembang menemu kenali potensi lokal. Daya juang dan energi relawan pendamping masyarakat bukan cuma berguna bagi dirinya, tapi juga mampu menggerakan masyarakat atau orang di sekitarnya.  Kiprah seorang relawan pendamping masyarakat dalam aksi pemberdayaan sangatlah luas, fokus gerakannya bisa hidup dalam segala dimensi, baik pada ruang pendidikan masyarakat, ruang pengembangan ekonomi kreatif, ruang pengembangan teknologi humanis, atau bahkan ruang pendampingan komunitas lokal. 

Yang jelass.. .seorang relawan pendamping masyarakat akan mengutamakan prinsip partisipasi aktif masyarakat, membersamai dan menemani masyarakat untuk mampu mandiri dengan segala potensi yang dimiliki. Kiprah si kreatif yang visioner ini juga sangat dinanti ketika masa recovery bencana terjadi, kenapa? Pasca bencana usai, masyarakat harus bangkit dan kembali berdaya, saat masa tanggap darurat telah usai, saat itulah relawan pendamping masyarakat atau relawan recovery bisa hadir menjadi penyala yang nyata. 

3. RELAWAN AKSI EVENTUAL

Keterbatasan waktu kadang bikin beberapa orang sulit beraktivitas lama di lapangan bersama masyarakat! Nah, bagi kamu si peka yang peduli sesama tapi terbatas waktu untuk berkarya, kamu bisa jadi seorang relawan eventual! Apasihhh relawan event? Relawan event dalam kaca mata Sekolah Relawan adalah mereka yang biasa memanfaatkan waktu luang untuk berkiprah dalam aksi kebaikan yang dikemas sebagai acara atau kegiatan eventual. Contohnya:  bakti sosial, seminar, gathring anak yatim, mengajar selama beberapa hari di sekolah, kunjungan ke panti asuhan, atau bahkan aksi-aksi kemanusiaan dengan waktu singkat seperti : Free Food Car, FoodBOX, Ketuk Berkah dan program rutin Sekolah Relawan lainnya. 

Bayangkan, dalam waktu 1 sampai 2 jam, atau bahkan 1 hingga 2 hari saja kita bisa berbuat aksi-aksi kebaikan yang mampu memberikan inspirasi kemanusiaan. Aksi kebaikan atau aksi kerelawanan memang nggak harus selalu dilakukan dalam jangka panjang, ada banyak aksi sederhana yang bisa kita inisiasi dan bisa kita lakukan. So, jangan pernah menilai sebuah aksi kebaikan atau aksi kerelwanan dari lama atau tidaknya proses dan waktu kegiatannya, yang jelas semua orang bisa ambil peran dan ambil ruang di dunia kerelawanan sesuai kapasitas dan kemampuan masing-masing! 

4. RELAWAN DIGITAL

Yakin pegang hape atau smartphone doang bisa bikin kita kebanjiran inspirasi kebaikan? Yakin pegang hape doang bisa bikin kita menginisiasi perubahan? OH IYAA DHOOOONG! Kok biasaaa? Kawan baikuuuu, keberadaan tombol SHARE dan tombol POST di media sosialmu adalah pintu menuju.berbagai ruang kebaikan kemanusiaan. 

JEMPOLMU adalah senjata pengeksekusi lahirnya berbagai aksi-aksi kemanusiaan, sedangkan nalar dan nuranimu adalah pengendali dan motor  penggerak utama dari segala aksi baikmu di media sosial. 

Siapa bilang jadi relawan harus selalu turun ke lapangan? Jaman sekarang, media sosial juga bisa jadi medan juang lhooooo! Kita bisa membagikan dan memposting berbagai ajakan aksi kebaikan, apa yang kita posting tentunya akan memberikan dampak dan menggerakan orang lain di media sosial. 

Sudah banyak kok contohnya.....sering liat info viral soal seorang kakek atau nenek yang berjuang hidup dengan berjualan? Solidaritas warga sosial media dalam mempromosikan usaha si kakek atau nenek adalah bukti bahwa aksi kerelawanan digital melalui sosial media itu NYATAAAA.dan ADAAAA lhoooi guys! 

Keberadaan berbagai situs Crowdfunding juga adalah bukti nyata solidaritas netijen yang menggeloraaa~~~

Dengan hanya bermodal QUOTA kita bisa memantik lahirnya AKSI-AKSI NYATAAAA~~``

Jadi, masih gak percaya bahwa JEMPOLMU itu mampu mengguncang dunia dan menggetarkan jiwa? Yuk uji coba sekarang jugaaaa!

5. RELAWAN KREATIF

Relawan kreatif bergerak dan berkarya dengan passion! Percaya nggak sih bahwa passion dan hobi yang kita miliki juga bisa melahirkan berbagai aksi kebaikan dan menimbulkan dampak? 

FILM DOKUMENTER, POSTER, FOTOGRAFI, KAMPANYE DIGITAL, adalah senjata dan amunisi yang bisa menghidupkan semangat gerak dalam terwujudnya berbagai aksi kemanusiaan. Tanpa adanya si editor video, apa bisa kita bikin kampanye sosial? Tanpa adanya si fotografer handal, apa bisa kita merekam dan memotret isu-isu kemanusiaan?

Semua karya-karya yang lahir dari seorang RELAWAN KREATIF tidak hanya indah atau keren, tapi juga mampu menginspirasi dan menggerakan! 

Jangan anggap remeh sebuah karya atau produk kreatif, karena hal itulah yang mempermudah orang-orang tergerak untuk ikut ambil peran dalam berbagai aksi kebaikan!

So, yuk jadikan PASSIONMU sebagai JALAN JUANG!

6. RELAWAN BACKPACKER

Siapa bilang jalan-jalan tujuannya buat senang-senang dan explore alam doang? Bagi Relawan backpacker, perjalanan selalu membawa mereka pada petualangan kemanusiaan. 

Selakn explore alam dan budaya lokal, segala kesempatan untuk bisa belajar, berbagi dan menebar manfaat pada masyarakat juga nggak akan terlewat. 

Relawan backpacker percaya bahwa setiap langkah perjalanan harus melahirkan jejak kebaikan! Jadi, jangan sampai lewatkan kesempatan baik di setiap perjalanan kita yaaa guys!

Jadi Relawan apalagi nih yang menurutmu mewarnai dunia kemanusisan dan ruang positif kita?