• Kontak Kami: (021) 77805706

5 Langkah Utama Pencegahan Virus Corona yang Paling Dianjurkan Oleh WHO

sekolahrelawan.com (17/3/2020) Masih tentang virus Corona (Covid-19) yang kini sedang kita hadapi, bahkan virus ini telah ditetapkan sebagai pandemi (wabah penyakit global) oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO). Namun WHO telah memberikan himbauan tentang pencegahan terinfeksinya virus melalui 5 langkah utama dalam Pola Hidup Bersih dan Sehat diantaranya ialah :

Cuci Tangan Sesering Mungkin

Mencuci tangan masih menjadi cara utama sebagai pencegahan, cuci tangan yang dimaksud ini adalah membersihkan seluruh bagian telapak tangan dengan baik dan benar. Menggunakan sabun antiseptik, gosoklah dengan lembut hingga ke bagian sela-sela jari, lalu bilas dengan air mengalir. Jika kamu tidak sempat untuk mencuci tangan dengan sabun dan air, maka kamu bisa menggunakan cairan pembersih tangan yang tidak memerlukan air (Hand Sanitizer).

Cucilah tanganmu ketika tangan terasa kotor, setelah buang air kecil / besar, setelah dari toilet, setelah batuk atau bersin, setelah kontak langsung dengan orang yang sedang sakit, sebelum dan sesudah menyediakan makanan, sebelum makan / setelah makan dan setelah bersentuhan dengan hewan terutama hewan mamalia dan reptil karna hewan tersebut memiliki resiko tinggi terinfeksi virus corona.

Mulai Terapkan Social Distancing

Langkah ke dua ialah dengan menerapkan social distancing atau pembatasan sosial, yaitu serangkaian tindakan pengendalian infeksi nonfarmasi yang bertujuan untuk memperlambat atau menghentikan penyebaran penyakit yang menular. Dalam hal ini WHO menghimbau untuk kita menjaga jarak minimal 1 meter dengan mereka yang sedang batuk ataupun bersin.

Mengapa demikian? sebab ketika batuk ataupun bersin itu berarti mereka menyemprotkan tetesan air kecil dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus, dan jika kamu terlalu dekat kamu bisa menghirup tetesan air tersebut tanpa disadari akan sangat berbahaya jika tetesan air kecil itu mengandung virus corona didalamnya.

Jangan Menyentuh Area Wajah dengan Tangan Kotor

Menyentuh area wajah menjadi kebiasaan yang memang sulit dihindari, namun mulai dari sekarang kamu harus bisa mengontrol tangan mu untuk tidak menyentuh area wajah selagi tangan mu terasa sedang tidak bersih. Langkah ini dianjurkan oleh WHO, karena mungkin saja virus sedang menempel di telapak tangan mu, dan ketika kamu menyentuh area wajah maka tangan mu dapat memindahkan virus tersebut ke mata, hidung dan mulut jika itu terjadi maka virus bisa masuk dengan mudah ke dalam tubuh mu.

Gunakan Etika Batuk dan Bersin dengan Benar

Untuk kamu yang masih suka batuk dan bersin sembarangan, coba deh untuk merubah kebiasaan mu itu, sebab itu menjadi cara penularan virus dengan cepat ke orang lain. Nyatanya masih banyak orang yang belum menerapkan hal yang mudah ini, bahkan badan organisasi kesehatan dunia (WHO) pun menjadikan etika batuk dan bersin menjadi cara pencegahan utama penyebaran virus corona.

Yaitu dengan cara mentup hidung dan mulut dengan tisu ketika batuk dan bersin, jika tidak terdapat tisu maka gunakanlah lengan atas karena lengan atas tidak terlalu sering kontak langsung dengan makanan ataupun alat makan, jika sudah terlanjur menutup hidung dan mulut dengan telapak tangan, maka segeralah cuci tangan mu minimal dengan menggunakan hand sanitizer.

Jangan Ragu Untuk Mendapatkan Penanganan Medis

Saat ini sudah diberlakukan cek kesehatan melalui pengukuran suhu tubuh di fasilitas umum ataupun sosial seperti di bandara dan stasiun kereta untuk mengetahui siapa saja yang kemungkinan sedang tidak sehat untuk mencegah penyebaran virus di tempat tersebut.

Namun memang tindakan demikian membuat kita menjadi khawatir dan pasti sangat takut dan malu jika kita sampai menjadi orang yang positif terinfeksi virus corona, tetapi rasa khawatir dan malu itu adalah tindakan yang salah apalagi jika kamu sampai mentupi kondisi tubuh mu yang sedang tidak sehat. 

Jika kamu atau anggota keluarga mu sedang demam, batuk dan kesulitan bernapas maka harus segera ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis secepatnya, jangan malu, takut ataupun ragu untuk memeriksakan diri ke dokter agar gejala-gejala tersebut segera mendapat penanganan tepat dan ingatlah untuk selalu memakai masker ketika kamu sedang merasa tidak sehat.

Kawan baik mulai dari sekarang kita harus tingkatkan kepedulian terhadap bahayanya virus corona, lakukanlah pencegahan untuk kamu dan keluarga dengan pola hidup bersih dan sehat setiap waktu, dan jangan pernah lupa untuk berbuat kebaikan walau kini kita sedang berjuang melawan virus corona.

oleh:Novi
editor:Izhar