5 Kemuliaan Hidup dengan Mencintai Anak Yatim

5 Kemuliaan Hidup dengan Mencintai Anak Yatim

sekolahrelawan.com (17/11)- Dalam Islam, anak yatim ditempatkan pada posisi yang tinggi. Memuliakan dan menyayangi mereka adalah salah satu kebaikan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dengan mencintai anak yatim, kita akan dapat kemuliaan hidup di dunia dan akhirat.

Banyak sekali ayat-ayat Al-Qur’an dan hadist Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang menerangkan tentang hal ini. Dalam surat Al-Ma’un misalnya, Allah subhanahu wa ta’ala berfirman;

“Tahukah kamu orang yang mendustakan Agama, itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan kepada orang miskin.” (QS. Al-ma’un : 1-3)

Maka dari itu, Sekolah Relawan mengajak kawan baik untuk mencintai anak yatim karena ada beberapa kemuliaan hidup yang bisa dicapai dengan memuliakan anak yatim.

1. Membawa Berkah ke Dalam Rumah

Dengan mencintai dan merawat anak yatim, maka insyaAllah akan banyak kelimpahan berkah yang ada pada rumah kita, tidak peduli seberapa bagus atau jelek rumah itu, Allah telah menyelimutinya dengan keberkahan.

"Sebaik-baik rumah di kalangan kaum muslimin adalah rumah yang terdapat anak yatim yang diperlakukan dengan baik. Dan sejelek-jelek rumah di kalangan kaum muslimin adalah rumah yang terdapat anak yatim dan dia diperlakukan dengan buruk.” (HR. Ibnu Majah)

2. Terpenuhi Kebutuhan Hidup

Dengan menyantuni anak yatim kita akan merasakn banyak keberkahan hidup, maka dari itu jangan pernah sia-siakan kesempatan untuk menyantuni anak yatim sebab tidak hanya berguna sebagai jaminan surga di akhirat, namun Allah Subhanahu Wa Ta'ala juga sudah menjanjikan akan memenuhi kebutuhan hidup bagi seseorang yang menyantuni anak yatim.

Karena dengan kita menyantuni anak yatim, maka akan seperti berinfak di jalan Allah dan Allah Subhanahu Wa Ta'ala juga akan melipatgandakan harta bagi hamba yang menyantuni anak yatim tersebut.

“Barang siapa yang mengikutsertakan seorang anak yatim diantara dua orang tua yang muslim, dalam makan dan minumnya, sehingga mencukupinya maka ia pasti masuk surga.”(HR. Al-Baniy, Shahih At Targhib, Malik Ibnu Harits: 1895)

3.Melembutkan Hati dan Jiwa

Bukan hanya memberikan keberkahan bagi hidup saja, namun mengasihi anak yatim juga akan melembutkan hati kita sehingga jiwa ini menjadi jiwa yang pemurah. Hati yang lembut dan jiwa yang pemurah adalah sifat yang dicintai Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

"Tidaklah sempurna keimanan salah seorang di antaramu sehingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.” (HR Bukhari dan Muslim)

4.Mendapatkan Perlindungan di Hari Kiamat

Kemuliaan dari mencintai anak yatim tak hanya kita rasakan dalam kehidupan di dunia, namun Allah Subhanahu Wa Ta'la juga akan menjamin hamba-Nya mendapatkan perlindungan di hari kiamat bagi mereka yang mencintai anak yatim.

Rasulullah SAW bersabda, “Demi Allah yang mengutusku dengan kebenaran di hari kiamat Allah Subhanahu Wa Ta\ala tidak akan mengadzab orang yang mengasihi anak yatim dan berlaku ramah padanya serta manis tutur katanya. Dia benar-benar menyayangi anak yatim dan mengerti kekurangannya, dan tidak menyombongkan diri pada tetangganya atas kekayaan yang diperoleh Allah kepadanya.”(H.R. Thabrani)

5.Dekat dengan Rasulullah di Surga

Keutamaan yang bisa didapat dengan memuliakan anak yatim adalah memperoleh kedekatan dengan  Rasulullah di surga sedekat antara jari telunjuk dengan jari tengah, seperti yang telah difirmankan Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW bersabda, “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya” (HR. Bukhari, Shahih Bukhari, Sahl bin Sa’ad As-Sa’idiy: 5304)


Alhamdulillah, semakin majunya kehidupan semakin banyak rumah-rumah yang meneduhkan bagi anak-anak yatim seperti yayasan yatim, rumah pribadi dan Sekolah Relawan pun turut menjadi payung peneduh bagi masa depan anak-anak yatim. Melalui program Yatim Bright dan Hadiah Akhir Tahun Anak Yatim, kami mengajak kawan baik untuk lebih mencintai anak-anak yatim agar Allah Subhanahu Wa Ta'ala senantiasa meberikan keberkahan dalam hidup kita.