5 Hal Ini Adalah Kunci Utuk Kamu Jadi "Relawan Bencana"

sekolahrelawan.com- Masyarakat Indonesia sudah seharusnya jadi orang paling siaga terhadap potensi terjadinya bencana, pasalnya cincin api pasifik yang menyelimuti sebagian luas ibu pertiwi dan tumpukkan tiga lempeng benua yang menjadi pondasi Negeri harus tetap benar-benar diwaspadai.

Bagi mereka yang sudah mengetahui kondisi ini dan punya kepekaan sosial yang tinggi tentu sudah antisipasi dengan mempersiapkan diri jadi seorang 'relawan bencana', namun tak hanya asal 'jadi' saja, beberapa kualifikasi perlu disiapkan agar tak malah jadi merepotkan! Nih, beberapa kunci yang harus kamu miliki untuk jadi relawan bencana beneran agar tak jadi relawan boongan.


1. Memiliki Jiwa Ikhlas dan Mental Tangguh

Satu hal yang harus kamu ketahui sebelum mendeklarasi bahwa diri ini adalah seorang relawan, kamu harus punya rasa ikhlas dulu ya! Sejatinya sikap rela akan selalu membersamai setiap langkah perjuangan relawan, tapi gak sekedar rela aja sih buat jadi relawan. Mental tangguh juga wajib kamu pahat ke dalam diri agar pas kamu ditugaskan dalam kodisi apa pun dan di mana pun, kamu siap gitu lho!

2. Mengetahui Kualifikasi Diri

Kalo kamu turun di lokasi bencana, kamu bisa bantu apa? Terus kamu punya potensi apa yang mendukung?

Nah, berangkat dari dua pertanyaan dasar ini, kamu harus tau nih kualifikasi diri kamu sebelum memutuskan untuk ikut jadi relawan bencana. Apakah sebagai tim SAR, Assesor, Relawan Dapur, atau jadi apa aja yang penting ada konten untuk feed instagram. Waduh! jangan sampai begini ya, bisa-bisa niat baik kamu jadi relawan justru banting stir jadi orang 'nyebelin' di lokasi bencana.

3. Paham Kebencanaan

Selain jiwa kerelawanan dan tau kualifikasi diri, untuk jadi relawan bencana kamu juga harus paham betul seputar dunia kebencanaan loh! mulai dari siklus bencana seperti; pra bencana, tanggap darurat dan pasca bencana. Hal ini perlu kamu pelajari dasar-dasarnya sebelum jadi relawan bencana ya, guna menunjang dan membuat diri kamu bekerja secara efektif nantinya.

4. Memiliki Pengetahuan SAR

Kemampuan Search and Rescue (SAR) adalah perihal wajib yang harus kamu miliki kalau ingin jadi relawan bencana. Apalagi buat kamu yang kekeuh mau berada dalam barisan terdepan Emergency Response. Karea kalau kamu enggak punya bekal ilmu dan kompetensi, bisa-bisa keberadaan kamu malah bikin sulit kondisi di lapangan, bukan malah membantu lho. Itulah petingnya pengetahuan dalam  Search and Rescue, paling tidak dasar-dasarnya kamu sudah pahami.

5.Memiliki Jiwa Seorang Pemimpin


Relawan bukan sekedar mereka yang memakai seragam dan eksis pada kondisi-kondisi tertentu, relawan adalah seorang pemimpin yang siap mengemban tanggung jawab dalam kondisi apa  pun dan di mana pun.


Itulah beberapa hal wajib yang harus kamu miliki sebelum jadi relawan bencana.Tapi nggak usah malu apalagi  ragu buat jadi relawa ya! Banyak tempat yang bisa kamu jadikan sebagai tempat belajar dan menempa diri. Salah satunya kegiatan Disaster Leadership Training, program peningkata kualitas dan penempaan diri untuk menjadi relawan bencana yang tangguh dan mumpuni.

Lebih baik siap siaga walaupun tidak dipergunakan dari pada tidak siap saat diperlukan. Inilah prinsip yang harus dimiliki seorang Relawan.