• Kontak Kami: (021) 77805706

4 Penyakit Langka Ini Membuktikan Bahwa, Kondisi Tubuh Manusia Tak Selamanya Sempurna

sekolahrelawan.com (2/3/2020) Banyak sekali jenis penyakit yang ada di dunia ini, mungkin beberapa penyakit sudah tak asing lagi untuk kita, dari penyakit yang paling sering kita jumpai seperti gejala flu hingga penyakit serius seperti tumor dan kanker. Tapi sebenarnya ada beberapa penyakit langka yang masih banyak belum kita ketahui.

Padahal wawasan lebih tentang penyakit langka sangat diperlukan untuk kita semua, sebagai kewaspadaan dan rasa kepedulian kita kepada mereka yang mengalaminya, karena faktanya masih banyak orang yang justru memandang buruk dan bahkan menjauhi mereka, untuk itu mari kita ketahui jenis-jenis penyakit langka seperti berikut ini.

Alergi Terhadap Air"Water Allergy"

image by Google

Pada dasarnya semua mahluk hidup pasti membutuhkan air untuk tubuhnya, terutama kita sebagai manusia sebagian besar tubuh kita terisi oleh air, lalu bagaimana jika tubuh kita justru  memiliki alergi terhadap air? namun hal tersebut memanglah ada dan terjadi, yaitu sebuah penyakit langka yang dinamakan Urtikaria aquagenik (Water Allergy) dimana saat kondisi kulit mengalami reaksi seperti alergi yaitu ruam, kemerahan dan gatal setelah adanya kontak langsung tubuh dengan air.

Alergi ini dapat timbul saat permukaan kulit kontak langsung dengan beragam jenis sumber air, yaitu air kolam, air keran, air hujan, keringat atau air mata bahkan salju. Kemungkinan alergi ini terjadi akibat adanya zat aditif kimia dalam air seperti klorin yang dapat memicu adanya respons imunitas.

Progeria"Tua Sebelum Waktunya"

image by Google

Penyakit langka selanjutnya ialah Sindrom Progeria Hutchinson-Gilford (HGPS) atau dikenal dengan kelainan progeria yang merupakan kondisi genetik langka yang umumnya sering terjadi pada anak-anak  membuat tubuh si penderita jadi menua lebih cepat.

Progeria adalah sebuah penyakit yang tidak mengenal jenis kelamin ataupun ras, yang disebabkan oleh adanya kesalahan pada gen seorang anak hingga meyebabkan  protein abnormal (progerin) dalam tubuh menjadi abnormal, ketika sel tubuh menggunakan maka protein ini akan lebih mudah pecah, lalu protein ini akan menumpuk pada sel tubuh, akibatnya kondisi tubuh mereka menjadi lebih cepat tua, kelainan ini terjadi sekitar 1 dari setiap 4 juta kelahiran yang ada di seluruh dunia.

Mikrosefalus"Ukuran Kepala Kecil"

image by Google

Mikrosefalus atau mikrosefali (microcephaly) adalah penyakit langka yaitu kondisi dimana ukuran kepala bayi lebih kecil dari ukuran kepala bayi normal, penyakit ini juga ditandai dengan menyusutnya ukuran otak serta tidak berkembang dengan sempurna. Penyakit ini disebabkan oleh perkembangan otak yang tidak normal, yang bisa terjadi ketika bayi masih berada di dalam rahim ataupun setelah bayi tersebut dilahirkan. 

Penyakit Kulit Morgellons

image by Google

Penyakit kulit ini menjadi salah satu penyakit kulit yang langka, yaitu bernama Morgellons, adalah sebuah kondisi yang tidak dapat dijelaskan namun ditandai dengan timbulnya serat kecil yang muncul dari luka pada kulit, memberikan rasa tidak nyaman di dalam atau di bawah kulit seperti adanya rasa yang menggigit, menyengat atau mencakar. Serat yang timbul pada kulit mengandung keratin, kolagen dan protein, sedangkan para peneliti terus melakukan penelitian lebih lanjut mengenai penyebab penyakit Morgellons ini.

Pada hakekatnya semua manusia pasti merasakan sakit, kita hanya bisa mencegah dan mengobati penyakit tersebut, seberat apa pun penyakit yang kita rasakan kita harus tetap kuat dan yakin bahwa kita bisa sembuh dan mampu melaluinya, tetapi perlu  diingat jika di sekitar mu ada seseorang yang mengalami suatu penyakit baik langka maupun tidak, jangan pernah menyangkut pautkan hal buruk dan  mengkaitkannya dengan kondisi tubuh mereka saat ini, berikanlah mereka dukungan untuk sembuh dan bukan komentar negatif yang membuat mereka tambah bersedih ya.

oleh:Novi
editor:Izhar