• Kontak Kami: (021) 77805706

3 Fakta Ini Membuat Anak Muda Jadi Sasaran Paling Menarik Buat Si Kanker

sekolahrelawan.com (4/2/2020) Hari Kanker Sedunia diperingati setiap tanggal 4 Februari, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran banyak orang terhadap kanker dan mendorong pencegahan, deteksi dan pengobatan sedini mungkin dan menurunkan resiko penderita kanker.

Mengapa anak muda harus peduli terhadap kanker? ternyata faktor terjadinya kanker paling gampang menyerang anak muda, berikut adalah fakta tentang penyakit kanker yang harus kamu tahu.

Menyerang Siapa Saja, Tak Kenal Usia

Kanker adalah suatu penyakit yang sudah terbukti dapat menyerang siapa saja dan tidak mengenal usia, tidak peduli dewasa, lansia ataupun anak-anak, mengapa demikian? sebab kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh. Pertumbuhan sel abnormal  dapat merusak sel normal di sekitarnya dan bagian tubuh yang lain di segala usia.

Jangan Kira Aman, Kanker Jago Bersembunyi

Beberapa penelitian telah meyatakan bahwa sel kanker dapat bersembunyi dari sistem kekebalan tubuh manusia, dengan cara tumbuh pada sel normal, oleh karena itulah sistem imun tidak dapat medeteksi adanya sel kanker yang di dalam tubuh. Banyak pederita kanker yang justru seolah tidak terasa dan tidak menimbulkan gejala, padahal sel kanker sedang berkembang di dalam tubuh.

Tubuh Anak Muda Jadi Tempat Favorit

Ternyata ada beberapa  jenis kanker yang umumnya menyerang anak muda alias remaja, yaitu seperti kanker paru-paru, kanker serviks, kanker tulang, Leukimia (kanker sel darah putih dan sumsum tulang) hal ini disebabkan remaja sering kali memiliki pola hidup yang tidak sehat seperti merokok di usia sekolah, pola makan yang tidak sehat, dan mengkonsumsi alkohol. Hal-hal seperti ini yang dapat memicu perkembangan sel kanker dalam tubuh.

Sebagai anak muda kita memiliki peran penting untuk mensosialisasikan tentang apa itu kanker, gejala dan penyebabnya kepada banyak orang, wawasan yang lebih mengenai kanker harus dimiliki oleh banyak orang terutama anak muda alias kaum millenial yang pada dasarnya memiliki banyak aktivitas melelahkan bahkan mungkin terjebak dalam pola hidup yang tidak sehat, untuk mencegah bertambahnya kasus kanker terutama di Indonesia.

Mari kita mulai pola hidup yang lebih sehat dan perbanyak informasi mengenai berbagai penyakit terutama penyakit kanker dan jangan lupa untuk terus memberikan dukungan untuk mereka yang kini tengah berjuang untuk sembuh melawan kanker.

oleh:Novi
editor:Izhar