12 Tahun Tak Dinafkahi Ayahnya, Kini Julian Hidup Dengan Semangat Baru!

12 Tahun Tak Dinafkahi Ayahnya, Kini Julian Hidup Dengan Semangat Baru!

sekolahrelawan.com- Seorang anak tergeletak dalam istirahatnya di depan Alfamart, meggambarkan raut lelah sehabis mencari nafkah. Ya, anak 12 tahun ini menjadi juru parkir untuk menggantikan ayahnya mencari nafkah. Julian harus rela menggorbankan waktu-waktu masa kecilnya jadi juru parkir untuk bayar kebutuhan sekolah, namun kini berkat bantuan kawan baik Julian sudah tidak perlu membiayai masa pendidikannya.

Sabtu 4/5/19 kemarin tim Sekolah Relawan bersama teman-teman dari komunitas Ruang Peduli Sukabumi kembali mengunjungi Julian di rumahnya, tepatnya daerah Ciambar, Sukabumi. 

Masih teringat, beberapa waktu lalu Julian sempat viral dikarenakan ditemukan tidur di depan Alfamart, menggantikan ayahnya sebagai juru parkir. Keprihatinan tersebut membuat banyak orang simpati dan berharap Julian bisa bersekolah tanpa harus bekerja membantu orang tuanya.


Namun ditengah keprihatinan, muncul berita yang menyebut jika cerita Julian saat itu adalah hoax. 

Saat berusia 3 bulan di dalam kandungan ibunya, ayah Julian menceraikan ibunya karena dianggap tak akan bisa bekerja setelah memiliki anak. Setelah bercerai, ibu Itoh harus bekerja keras membiayai Julian dan kakaknya seorang diri. Bahkan sambil berlinang air mata, ibu itoh bercerita jika dulu ia sering menggendong Julian sembari menjadi kuli cuci.

Setelah beberapa waktu berlalu, hingga kini usia Julian 12 tahun, ayah kandungnya tak pernah memberinya nafkah. Barulah, saat usia Julian 10 bulan, ibunya menikah dan ayah tirinya lah yang menggantikan sosok ayah bagi Julian. Namun, beberapa bulan lalu ayah tirinya pun telah meninggal dunia.

Di usia yang kini menginjak remaja, Julian memiliki keinginan demi keinginan yang cukup unik. Keinginan Julian memang tidak merugikan orang lain, tidak pula merugikan ibunya. Namun keinginan itulah yang membuatnya nekat menjadi juru parkir, suatu pekerjaan yang belum semestinya ia kerjakan.

Dari sini kita paham, jika di usia Julian yang baru menginjak 12 tahun bekerja bukanlah kewajiban yang harus ia lakukan. Atas dasar inilah Sekolah Relawan berkomitmen memberikan pendampingan terhadap Julian untuk bisa fokus pada pendidikannya. 

Kini Julian juga telah mendapatkan beasiswa penuh atas pendidikan Sekolah Menengah Pertamanya selama 3 Tahun. Kita semua bisa sama-sama berdoa semoga Julian bisa menggapai cita-citanya sebagai Polisi ataupun Tentara.