• Kontak Kami: (021) 77805706

Keistimewaan dari Sholat Tarawih yang Begitu Indah

sekolahrelawan.com (15/5/2020) Selain malam lailatul qadar yang menjadikan bulan ramadhan istimewa adalah melaksanakan sholat tarawih, sholat sunnah ini memiliki keutamaan yang istimewa dan mendatangkan mangfaat untuk kesehatan kita juga. Sekolah Relawan telah merangkum informasinya untuk kamu, sebagai berikut.

Mendapatkan Ampunan Dosa

Sebagai manusia kita memang tak luput dari dosa, namun Allah ta'ala telah memberikan kita jalan untuk memohon ampunan, salah satunya dengan menunaikan sholat tarawih, keistimewaan ini dijelaskan dalam sebuah hadist dari Rasulullah SAW yaitu :

"Barang siapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau." (HR Bukhari Muslim).

Untuk itu tunaikanlah sholat tarawih dengan iklash ya kawan baik.

Mendapatkan Pahala Seperti Sholat Semalam Penuh

Sholat tarawih memang bisa dilakukan sendiri, namun ketika kita melaksanakannya secara berjama'ah maka nilai pahalanya menjadi lebih baik, bahkan sama seperti kita melakukan sholat semalam penuh,  hal ini telah dijelaskan dalam sebuah hadist yaitu :

Dari Abu Dzar, Nabi SAW pernah mengumpul kan keluarga dan para sahabatnya, lalu bersabda "Siapa yang sholat bersama imam sampai selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh" (HR. Ahmad). Hadist lain yang menjelaskan tentang hal ini yaitu :

"Sesungguhnya siapa saja yang shalat bersama imam hingga imam itu selesai, maka ia dicatat telah mengerjakan shalat semalam suntuk (semalam penuh)." (HR. Tirmidzi). Pahalanya pun menjadi 27 derajat jika kita melakukannya secara berjamaa'ah, seperti yang dijelaskan dalam hadist berikut :

"Sholat berjamaah lebih utama dibanding sholat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat." (HR. Bukhari). Meski kini kita tak bisa sholat tarawih berjama'ah di masjid karena pandemi namun kita bisa melakukannya berjama'ah dengan keluarga dirumah.

Baik Untuk Kesehatan

Gerakan sholat memanglah baik untuk kesehatan, begitu pula dengan sholat tarawih yang nyatanya mempu memberikan dampak luar biasa untuk kesehatan kita diantaranya adalah:  Meningkatkan fungsi otak, Menurunkan kadar gula darah menyehatkan tulang dan persendian, Menghilangkan stress dan membakar kalori.

Menjaga Tali Silahturahmi

Ketika kita melaksanakan sholat tarawih berjama'ah saat itu juga kita sedang menjalin tali silahturahmi, meskipun kita melaksanakannya dengan keluarga dirumah, karena menjalin silahturahmi bukan hanya bertemu dengan orang yang jarang kita temui namun memperbaiki hubungan juga termasuk kedalamnya, sebagaimana dijelaskan dalam hadist :

"Seorang yang menyambung silaturahmi bukanlah seorang yang membalas kebaikan seorang dengan kebaikan semisal. Akan tetapi seorang yang menyambung silaturahmi adalah orang yang berusaha kembali menyambung silaturahmi setelah sebelumnya diputuskan oleh pihak lain." (HR. Bukhari).

Itulah keistimewaan sholat tarawih yang luar biasa, jadi tambah semangat untuk sholat tarawih yaa.