• Kontak Kami: (021) 77805706
 5 Fakta Gerhana Matahari Cincin Ini Bikin Kamu Jadi Saksi Keajaiban Alam Semesta

5 Fakta Gerhana Matahari Cincin Ini Bikin Kamu Jadi Saksi Keajaiban Alam Semesta

asekolahrelawan.com (26/12)- Hari ini, tiba-tiba langit terang menjadi gelap, tak lama menjadi terang kembali, eits kamu nggak perlu takut, hal ini dikarenakan fenomena gerhana matahari cincin yang sedang terjadi di cakrawala dunia salah satunya adalah Indonesia.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan akan terjadi Gerhana Matahari Cincin (GMC) hari ini, Kamis (26/12/2019). BMKG menjelaskan Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan sehingga tidak semuanya sampai ke bumi.

Sekolah Relawan sudah merangkum apa aja yang menjadi fakta dibalik terjadinya gerhana matahari cincin hari ini, yuk simak!

1. Menjadi gerhana ke-5 di tahun 2019

Menurut BMKG, Gerhana Matahari Cincin ini merupakan gerhana ke-5 yang terjadi sepanjang tahun 2019. Adapaun, gerhana-gerhana terdahulu seperti Gerhana Matahari Sebagian (GMS), Gerhana Bulan Total (GBT), Gerhana Matahari Total (GMT) dan Gerhana Bulan Sebagian (GBS).

2. Terjadi setiap 1-2 tahun sekali

Masa terjadinya Gerhana Matahari Cincin ini diperkiraran sekitar 1-2 tahun sekali, Gerhana Matahari Cincin terakhir terjadi pada bulan Februari 2017 lalu. Dan diprediksi akan terjadi kembali pada bulan Juni 2020.

3.Melewati sejumlah wilayah di Dunia

Wah, potret keindahan fenomena ini ternyata gak cuman ada di Indonesia tetapi dibeberapa belahan dunia lainnya seperti Arab Saudi, India, Oman, Srilangka dan Samudera Pasifik. Kalau di Indonesia gerhana melewati 25 dari 7 Provinsi seperti Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur.

4.Memiliki 4 fase sempurna

Terjadinya gerhana matahari cincin memiliki 4 fase;

1. Fase Gerhana Mulai, saat piringan matahari mulai tampak tertutupi bulan.
2. Fase Cincin Mulai, proses ketika piringan Matahari mulai tertutup oleh seluruh piringan Bulan dan memasuki fase puncak saat cincin sudah mulai sempurna.
3. Fase Cincin Berakhir, proses saat piringan Matahari terakhir kali tertutup oleh seluruh piringan Bulan
4. Fase Gerhana Berakhir, piringan matahari terakhir kali tampak tertutupi Bulan.

5. Durasi cincin dan gerhana paling lama

Gerhana matahari cincin merupakan gerhana yang memiliki durasi paling lama dibanding gerhana atau cincin lainnya. Lama durasi cincin di Indonesia yang paling lama terjadi di langit Selat Panjang, Riau dengan durasi selama 3 jam 51 menit 24,7 detik.

Itu dia kawan baik fakta seputar terjadinya fenomena alam Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang baru saja terjadi di langit Indonesia. 


Oleh: Izhar